Puskesmas Multiwahana Buka Konsultasi Kesehatan Via WA

Kepala Puskesmas Multiwahanan dr Irma.foto/ria

Palembang-Banyak cara bisa dilakukan untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Selain masalah dokter yang tersedia di puskesmas, layanan konsultasi lewat online juga bisa dilakukan.

Tengok saja yang dilakukan Puskesmas Multiwahana, Kota Palembang. Puskesmas ini melayani konsultasi masyarakat secara online lewat WhatsApp atau WA.

Kepala Puskesmas Multiwahana dr Irma mengatakan, puskesmas yang dipimpinnya menyiapkan konsultasi secara online melalui WhatsApp ke nomor 082176343553. Online ini disediakan bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi masalah kesehatannya.

“Ada dua dokter yang mengasuh program ini. Kita buka konsultasi setiap Senin-Sabtu, pada pukul 07.30 sampai pukul 16.00. Sebenarnya ini untuk umum, tapi kita ingin memberikan manfaat pelayanan ini kepada pemegang jaminan kesehatan yang berada di lingkungan Puskesmas Multiwahana,” jelasnya.

Selain itu, kata dr Irma, puskesmas yang ia pimpin memiliki tiga dokter umum dan satu dokter gigi, serta memiliki seorang apoteker. Puskesmas Multiwahana merupakan salah satu puskesmas yang memiliki apoteker.

“Biasanya kalau puskesmas lainkan, hanya ada asisten apoteker, tapi kita ada langsung apotekernya. Ke depan ini menjadi syarat untuk menambah penilaian menjadi puskesmas terbaik,” ujarnya.

Dokter Irma juga berencana untuk menerapkan pelayanan lanjut usia (lansia) terpadu. Yakni, dengan melakukan pengobatan khusus bagi lansia dari penanganan awal penyakit, pengobatan, pencegahan, hingga terjadinya komplikasi ringan.

“Jadi lansia inikan setiap tahun terus bertambah. Untuk menghemat pengeluaran, jadi kita ingin terapkan pelayanan terpadu satu pintu agar mereka tidak perlu ke rumah sakit lagi, karena sudah bisa ditangani di puskesmas. Kalau lansia inikan, penyakitnya seperti hipertensi dan jantung,” pungkasnya.korankito.com/ria