8 Bagian Paling Kotor Dari Tubuh Anda

ilustrasi/pixabay

Anda mungkin tidak pernah terpikir tentang hal ini, dan mungkin juga anda pernah mencoba untuk bertanya tentang bagian tubuh kita yang mana yang paling kotor? Dan kemungkinan sebagian besar Anda akan menjawab anus.

Jawaban Anda sebenarnya tidak salah karena bagian tubuh ini berhubungan langsung dengan kotoran kita sebagai manusia. Mungkin beberapa diantaranya tak Anda sadari.

Sebagai tambahan pengetahuan berikut ini 8 Bagian Paling Kotor Dari Tubuh Anda.

1. Wajah
Wajah kita mungkin terlihat bersih saat berkaca di depan cermin. Namun menurut pakar, wajah merupakan salah satu anggota tubuh yang paling kotor.

Bakteri dan kuman yang berasal dari tangan yang kotor, udara yang kotor, atau smartphone dan menempel ke wajah. Ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan, khususnya jika ada luka terbuka di wajah.

2. Telinga
Meskipun paling kotor, para pakar menilai membersihkan telinga tidak terlalu diperlukan. Alih-alih bersih, kita malah akan melukai alat pendengaran.

Telinga rutin mengeluarkan semacam minyak yang berfungsi membantu pendengaran. Meskipun kotor, telinga memiliki fungsi membersihkan diri sendiri.

3. Mata
Sudut mata mengandung bakteri. Bulu matapun tergolong tempat paling kotor di tubuh kita karena berfungsi mengumpulkan kotoran dan mencegah mata dari infeksi.

Saat mata Anda infeksi dan terkena iritasi jangan pernah menyentuhnya. Hal itu malah akan membuat kuman menyebar ke anggota tubuh lain.

4. Mulut
Ilmuwan di Harvard School of Dental Medicine menemukan lebih dari 615 jenis bakteri yang bisa hidup di mulut. Membilas mulut dan menggosok gigi dua kali sehari bisa mengurangi dampak buruk dari bakteri-bakteri itu.

5. Hidung
Kadang-kadang, bagian dalam hidung terasa gatal tak tertahankan. Tapi, usahakan untuk tidak menggaruknya. Jika garukan menimbulkan luka terbuka, bukan tidak mungkin malah menimmbulkan infeksi. Hidung adalah salah satu tempat paling gatal di tubuh kita.

6. Kuku
Bakteri sangat suka tinggal di bawah kuku kita. Dengan kecepatan berkembang biaknya, bakteri tersebut bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh.

Rajin menggunting kuku dan mencuci tangan dengan sabun akan menjauhkan Anda dari dampak buruk bakteri tersebut.

7. Anus
Ya, ini adalah jawaban sebagian besar dari Anda. Pada Anus terdapat ribuan bakteri jahat dan berbahaya. Karena, dari bagian tubuh inilah kotoran tubuh kita keluar, dan untuk mengurangi jumlah bakteri jahat tersebut agar kita selalu menggunakan sabun saat selesai buang air besar.

8. Pusar
Jangan kaget. Ya, bekas saluran makanan saat kita di kandungan ibu itu adalah tempat paling kotor. Di bagian ini bersarang begitu banyak bakteri yang yang tak terlihat dengan mata telanjang. (korankito.com / dari berbagai sumber)