Kades Saleh Agung Tersangka Ijazah Palsu

Kades Saleh Agung, Bonasir saat menjalani pemeriksaan di Polda Sumsel.foto/kardo

 

Palembang-Seorang Kepala Desa (Kades) digiring ke anggota Polda Sumsel lantaran diduga memalsukan ijazah penyetaraan paket B. Sang Kades adalah Bonasir yang menjabat sebagai Kepala Desa Saleh Agung, Kecamatan Air Saleh, Kabupaten Banyuasin. Ia pun ditetapkan sebagai tersangka, Kamis (2/2).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel Kombes Pol Prasetijo, mengatakan, pemeriksaan terhadap kades ini berawal dari pelaporan salah satu warganya yang menyebutkan ijazah tersangka yang digunakan pada pemilihan kepala desa merupakan dokumen palsu dan tidak sah.
“Atas laporan itu, dokumen kami cek, ternyata nomor yang tertera di ijazah paket B tersebut tidak tercatat di Kementerian Pendidikan atau palsu,” uja Kombes Pol Prasetijo, Kamis (2/2).
Prasetijo menjelaskan, ijazah palsu yang bernomor 0027475 itu awalnya digunakan oleh tersangka untuk mengikuti pemilihan kades, yang dibuat di Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim. Tersangka sempat dua kali tidak memenuhi panggilan Ditreskrimum karena alasan tugas.
Namun akhirnya datang untuk diperiksa atas kemauannya sendiri. Kepolisian telah menyita barang bukti berupa fotokopi ijazah palsu paket B tersebut. “Setelah melakukan pendalaman dan pemeriksaan. Kami pun akan berkordinasi dengan JPU, apakah laporan tersebut masuk ke dalam pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen dan atau pasal 266 KUHP tentang pemalsuan surat,” urainya.
Penasehat Hukum tersangka, Rida Rubiyani mengatakan, kliennya saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Untuk selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan pendampingan selama pemeriksaan.
“Klien kami sudah menjalani tugasnya sebagai Kades selama setahun lebih. Pelapor merupakan warganya yang saat pemilihan kades sebelumnya, merupakan lawan klien saya. Apabila akan dilakukan penahanan, kami akan mengajukan penangguhan penahanan,” ujarnya.(korankito.com/kardo)