Inovatif di Bidang Lalulintas, Sumsel Raih Penghargaan

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat menerima penghargaan  Tata Nugraha Wiratama dari Wapres Jusuf Kalla.Tata.foto/hms

 

Provinsi Sumatera Selatan mendapat penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama bidang perhubungan darat tahun 2016. Sumsel dinilai berhasil melakukan inovasi dalam bidang lalulintas dan angkutan kota. Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin di istana Wakil Presiden, Selasa (31/01).
Gubernur Alex Noerdin mengungkapkan, dirinya merasa bangga dan terharu atas pencapaian yang telah diraih Sumsel. Kali ini Sumsel lulus pada tahap penilaian dan dinyatakan sebagai pemenang piala Wahana Tata Nugraha Wiratama 2016.
“Penghargaan yang diterima ini bukan hanya Untuk Pemerintah Sumsel, melainkan bagi seluruh masyarakat Provinsi Sumsel yang telah mendungkung penuh pembangunan Sumsel,” ungkap Alex.

 

Wakil Presiden Jusuf  Kalla dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota dan provinsi yang telah berhasil meraih penghargaan bidang lalu lintas dan angkutan kota.

 

Menurut Wapres, keberhasilan pemerintah tidak hanya dinilai dan berhenti dengan diterimanya penghargaan. Namun, hal ini harus diiringi dengan  penerapan sistem managemen yang baik. “Seperti petunjuk dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas yang mudah dipahami masyarakat dan pemasangannya di tempat yang tepat,”terangnya.

 

Penganugerahan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 588 Tahun 2016 tentang penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2016. Daerah yang berhasil meraih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama adalah daerah yang berhasil lolos dari beberapa tahapan penilaian atau seleksi yang cukup ketat dari Kementerian Perhubungan RI.

 

Tahap penilaian tersebut meliputi penilaian aspek administrasi, penilaian ke lapangan oleh panitia pusat, provinsi dan akademisi dengan objek yang dinilai Kantor Administrasi Dishub, terminal, angkutan, pajak kendaraan bermotor. Penilaian terakhir adalah ekspose hasil penilaian berupa komitmen dari kepala daerah terkait kebijakan di bidang perhubungan.

 

Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen yang kuat terhadap membina, membangun dan meningkatan kinerja lalu lintas dan angkutan jalan.

 

Selain Provinsi Sumsel, terdapat 10 Provinsi lainnya yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2016 yakni Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.korankito.com/detn