Bisa Dipercaya

18 Calon Dubes Kenali Potensi Ekonomi Sumsel

Tantowi Yahya calon Dubes Indonesia untuk negara Selandia Baru.foto/ria
Palembang – Sebanyak 18 dari 23 calon Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI mengunjungi Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka orientasi empat prioritas politik luar negeri Indonesia.

Ketua Rombongan Lintas Nusantara yang juga calon Duta Besar Luar Biasa Tantowi Yahya mengatakan, keempat program yang akan menjadi tugas prioritas calon Duta Besar yakni penguatan NKRI, diplomasi ekonomi, perlindungan dan pemberdayaan warga di luar negeri dan penguata birokrasi bilateral, regional dan multilateral.

Berita Sejenis
1 daripada 3.082

“Sebelumnya kita sudah mengunjungi Papua juga dalam rangka dalam rangkaian kegiatan Lintas Nusantara,” ungkap calon Duta Besar untuk negara Selandia Bar ini di sela kunjungan meninjau Sentra Kerajinan Kota Palembang, Selasa (31/1)

Tantowi mengungkapkan, dipilihnya Sumatera Selatan khususnya Palembang setelah Papua dikarenakan sesuai dengan tiga tugas pokok calon duta besar nanti yakni diplomasi ekonomi yang di dalamnya ada tugas melakukan kegiatan ekonomi dengan mendatangi langsung potensi-potensi perekonomian yang ada di suatu daerah.
“Sumsel khususnya Palembang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Contohnya kerajinan songket khas Palembang ini. Selain itu ada kuliner khasnya,” ujarnya.
Selain memiliki potensi ekonomi yang baik, Sumsel juga merupakan daerah penghasil komoditi layak jual di luar negeri seperti karet, batubara dan sawit. Dengan komoditi handal yang dimiliki Sumsel dapat dikenalkan dan menjadi daya jual Indonesia di luar negeri.

Terlebih dalam waktu dekat Kota Palembang akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang sehingga menambah daya tarik dan daya jual Indonesia di mancanegara. (korankito.com/ria)