Bisa Dipercaya

Wacanakan Karcis Online dan Efisiensi Wilayah Parkir 

Palembang – Untuk mengantisipasi tingkat kebocoran parkir yang ada di Kota Palembang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, sedang mempersiapkan trik jitu untuk pemetaan wilayah titik parkir. Dimana nantinya pemetaan wilayah parkir akan dibagi menjadi empat wilayah dan akan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Perparkiran.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Kurniawan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian dan Opersional (Wasdalops), Marta Edison yang mengatakan empat wilayah tersebut meliputi, Utara, Selatan, Timur dan Barat, yang akan dipimpin kepala UPT.

Berita Sejenis
1 daripada 3.083

“Kedepan akan ada empat kepala UPT yang membawahi wilayah dengan beberapa Kecamatan. Kalau selama ini satu Kepala UPT mengelola semua wilayah,” jelasnya Minggu (29/1).

Marta menjelaskan adanya rencana pembagian wilayah yang dilakukan pihaknya agar pengawasan titik-titik parkir lebih mudah dikontrol, dan itu akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang kedepannya.

“Tingkat kebocoran retirbusi parkir akan lebih terkontrol dan PAD kita akan meningkat dengan adanya pembagian zona wilayah ini,” jelasnya.

Mengingat saat ini titik parkir yang ada berjumlah sekitar 750 titik parkir. Nah dengan perkembangan wilayah, maka titik parkir yang dikelola akan semakin bertambah.

“Dari pendataan kami, ada sekitar 200 an titik parkir yang belum resmi. Dipastikan akan ada penambahan titik parkir lagi. Nantinya satu titik parkir akan dipegang oleh satu petugas parkir resmi yang dikontrak,” ulasnya.

Selain itu, Dishub berencana menerapkan karcis online dengan menggunakan mesin EDC (Elektronik Data Capture).

“Ini baru wacana, untuk menerapkan karcis parkir online dengan mesin EDC seperti di Tanggerang. Jikapun nanti diterapkan, kemungkinan akan menggunakan jasa pihak ketiga, karena untuk menggunakan fasilitas itu, membutuhkan anggaran yang cukup besar,” tukasnya. (korankito.com/ria)