Bisa Dipercaya

Tangani 300 Suket KTP Setiap Hari

REKAM – Proses perekaman E-KTP (ilustrasi)

LUBUKLINGGAU – Masyarakat nampaknya perlu lebih bersabar lagi untuk mendapatkan fisik KTP Elektronik (E-KTP). Pasalnya, lelang pengadaan blangko pada akhir tahun ini yang dilakukan oleh Pemerintah pusat gagal. Diperkirakan blangko baru akan tersedia maret tahun depan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lubuklinggau, M Johan Sitepu kemarin berujar, kebutuhan real blangko setiap saat terus bertambah. Mengingat pemohon KTP kebutuhannya berbeda-beda, mulai dari pindah alamat, ganti status, dan sebagainya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.083

“Sebagian sudah menerima surat keterangan KTP elektronik atau pengganti sementara E-KTP. Bagi yang belum, bisa membuatnya di masing-masing kecamatan. Tetapi untuk tandatangan harus melalui Dindukcapil. Rata-rata perhari saya paling bisa menandatangani surat keterangan KTP elektronik sekitar 200-300,” katanya.

“Kita sudah himbau pusat-pusat pelayanan masyarakat dan penerima tenaga kerja agar melayani warga yang tidak ada e-KTP namun memiliki surat keterangan dari kita,” ujarnya.

Pengiriman blanko terakhir pada September lalu sebanyak 3.000 lembar. Adapun jumlah? penduduk yang sudah merekam namun belum dicetak sebanyak 2 ribuan warga.

Sementara 156 ribu wajib KTP 95 persen telah memiliki e-KTP dan  sisanya sekitar masih 5 persen.(korankito.com/cr1)