Bisa Dipercaya

Unsri Tambah Kuota Mahasiswa Baru

Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan USM kepada perwakilan SMA dan SMK se-Kota Palembang.foto/ejak

Palembang – Universitas Sriwijaya (Unsri) bakal tambah kursi penerimaan mahasiswa baru di tahun ajaran 2017.

Penambahan ini menyusul adanya penambahan empat program studi atau prodi di Unsri.

 

Berita Sejenis
1 daripada 9

“Tentu ada peningkatan. Kuota awalnya 5.800 kursi, sekarang bakal ditambah karena kita baru saja menambah dua prodi di Fakultas Pertanian dan dua prodi lagi di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM),” ungkap Rektor Unsri Anis Saggaff, dalam sosialisasi penerimaan SNMPTN, SBMPTN dan USM di graha Unsri Bukit Besar Palembang, Jumat (27/01).

 

Untuk jumlah konkretnya, Anis mengaku masih belum bisa dipastikan sekarang. Sebab saat ini pihaknya masih mendata prodi lain yang juga akan menambah kursi bagi calon mahasiswa baru nantinya.

 

“Akan kita maksimalkan untuk penerimaan mahasiswa baru angkatan 2017 ini. Misalnya daya tampung satu kelas itu 50 orang dan selama ini hanya menerima 40 orang, maka akan kita maksimalkan sampai batas maksimalnya. Ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK),” terangnya.

 

Anis menjelaskan, ada tiga tahapan ujian untuk dapat berkuliah di Unsri yakni ujian saringan mandiri (USM), seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Pihaknya juga sudah mulai menyosialisasikan mengenai SNMPTN, SBMPTN dan USM kepada SMA/K di seluruh kabupaten-kota di Sumatera Selatan sejak pekan yang lalu.

 

“Untuk kuota penerimaan USM itu 30 persen dari total kursi yang tersedia, kalau SNMPTN itu juga 30 persen. Sedangkan untuk SBMPTN kuotanya 40 persen,” pungkasnya.korankito.com/eja