Tari Gending Sriwijaya Buka Festival Indonesia Festival

Jakarta – Tari Gending Sriwijaya yang dibawakan delapan penari dari Palembang Sumatera Selatan, mengawali perhelatan Festival Indonesia Festival (FestInFest) yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Kementrian Pariwisata Jakarta, Kamis (26/1).

Acara yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya selain dihadiri oleh pejabat dilingkungan Kemenpar, juga dihadiri Walikota Palembang Harnojoyo dan sejumlah Kepala Dinas Pariwisata se Indonesia, diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga.

Menurut Panitia Penyelenggara Budayawan Taufik Rahzen, Festival Indonesia Festival yang digelar pertama kali ini nantinya akan terus diselenggarakan dengan tujuan untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman dan kerjasama festival diseluruh Indonesia.

“Jadi lewat festival ini para penyelenggara festival dipertemukan untuk bertukar pengalaman, sehingga festival menjadi ajang bertukar gagasan,” jelasnya.

Taufik menambahkan, dipilihnya Palembang untuk menjadi tuan rumah pertama pada acara ini karena Palembang akan menjadi penyelenggara Indonesia Culture Asia de Festival, Agustus mendatang.

Sejumlah Agenda agenda yang diselenggarakan dalam festival ini diantaranya pameran produk budaya dan wisata, seminar, dialog budaya, pemutara film, kuliner serta mini karnival.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arif Yahya dalam sambutannya mengatakan, wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, 40 persen karena budaya yang dimiliki bangsa ini.

“Apabila budaya dilestarikan, maka akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Kami sangat menyambut baik penyelenggaraan festival ini,” ucap Arif Yahya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga yang juga hadir sebagai pembicara pada acara seminar tersebut, menyambut baik tawaran Menteri Pariwisata tentang penyelenggaraan Indonesia Festival Week. Oleh karena itu, pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. (korankito.com/OeS)