Nekat Jambret untuk Modal Dagang Boneka

JAMBRET : Tersangka Ari Wibowo (tengah) digiring petugas masuk sel, Rabu 25/1). Foto/Denny

Palembang – Ari Wibowo (25) spesialis jambret yang sering meresahkan warga Jakabaring Palembang, berhasil ditangkap Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Seberang Ulu (SU) I Palembang, Selasa (24/1) sore.

Tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas petugas kepolisian, lantaran hendak kabur saat dilakukan penangkapan di rumahnya Lorong Wakaf, Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan SU I Palembang.

Tersangka mengaku, nekat melakukan perbuatan itu untuk mencari modal dagang boneka. “Saya pernah juga jualan boneka, namun bangkrut. Makanya, saya nekat menjambret, untuk mencari modal lagi,” jelas tersangka saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek SU I Palembang, Rabu (25/1) siang.

Ari mengungkapkan, dalam melakukan aksi kejahatan dibantu HR (25) yang tak lain tetangganya sendiri menggunakan sepeda motor Honda Beat nopol BG 34441 AA. “Waktu itu korban sedang duduk di atas sepeda motornya, saya pepet dan HR merampas tas miliknya. Namun, ketika mau melarikan diri, tas terjatuh. Jadi, kami tidak mendapatkan apa-apa,” tambah Ari.

Sementara itu, Kapolsek SU I Palembang Kompol M Khalid Zulkarnaen didampingi Kanit Reskrim Iptu Azwan mengatakan, setelah melakukan penyelidikan selama tiga bulan, pihaknya berhasil mengamankan pelaku. “Berawal dari adanya laporan korban, anggota kita langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, tersangka berinisal AW dapat kita amankan, tak jauh dari rumahnya,” kata Khalid.

Setelah pihaknya melakukan penyelidikan, tersangka mengaku baru dua kali menjalankan aksi penjambretan. Namun, hingga saat ini pihaknya akan terus melakukan pengembangan, guna mencari korban lainnya. “Akan terus kita dalami, kemungkin masih ada TKP lainnya. Tersangka akan dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara, barang bukti kita amankan sepeda motor, tas korban, dan beberapa barang lainya,” tutupnya. (korankito.com/denny)