Cara Cerdas Terhindar Dari Berita Hoax Di Medsos

Ilustrasi

Korankito – Banyak orang mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi. Berkat media sosial, baca berita jadi mudah. Kita bisa langsung klik sambil online di media sosial.

Kalau beritanya memang spesial, kamu tinggal share saja. Dengan adanya tombol share, kamu bisa tahu berita mana yang lagi happening atau paling tifak, artikel tersebut selalu berseliweran di media online kita.

Tapi, jangan asal share, kita harus teliti dengan berita yang beredar. Nggak mau kan ngabisin waktu demi sebuah berita yang kebenarannya diragukan? Untuk itu maka teliti dulu artikelnya. Berikut kami kumpulkan dari berbagai sumber cara agar kita dapat terhindar dari berita berita hoax yang tak penting dan menyesatkan:
1. Perhatikan URL-nya.
Jangan terkecoh dengan alamat URL dari agensi berita yang sudah terkenal. Coba perhatikan setelah ‘.com’. Biasanya sumber berita hoax berasal dari sebuah situs yang berakhir dengan ‘.co’ atau ‘.su’ setelah ‘.com’.

2. Pastikan antara judul dan isi nyambung

Jangan terpengaruh oleh caption yang ada di Facebook. Kita harus ‘bedah’ artikel tersebut. Lalu pastikan antara judul dan isi. Kalau nggak sesuai, kita patut curiga.

3. Apakah itu berita lama?

Banyak lho yang terkecoh dengan berita lama yan mirip dengan topik yang tengah memanas. Jadi setelah lihat URL serta isi, pastikan kita tahu bahwa tulisan tersebut bukan berita lawas alias ‘basi’.

4. Soal foto dan video.

Sering kali kita menemukan berita yang foto sama beritanya tidak sesuai. Parahnya lagi ada yang mengedit foto sedemikian rupa untuk menguatkan tulisan itu. Untuk verifikasinya, kita bisa gunakan Google Images dengan mengunggah fotonya.

5. Teliti sumber asli.

Saat kita membaca temuan ilmiah atau kesalahan sebuah produk, pastikan sumbernya jelas. Jangan ragu untuk search juga di website perusahaan tersebut.

6. Jangan mudah percaya quotes dalam sebuah foto.

Sering kita melihat quotes dalam sebuah foto orang tertentu? Jangan sampai kita terkecoh dengan trik ini. Pastikan kamu browse bahwa quote tersebut memang diucapkan oleh orangnya sendiri.

7. Search sumber lain lagi dan lagi.

Jika kita menemukan berita dan hanya berasal dari satu sumber, kita harus bersabar. Jangan sampai kita terpedaya dengan hal ini. Kita perlu membandingkan dengan sumber yang lain juga untuk tahu ceritanya secara utuh.

8. Hati-hati dengan sebuah bias.

Banyak media yang ditunggangi oleh kepentingan tertentu. Itulah mengapa biasanya sangat kelihatan dari framing artikelnya. Jadi, ketika ada sebuah media yang menyudutkan pihak tertentu, kita sebaiknya tak tergesa-gesa percaya.

9. Berkunjunglah ke situs asli.

Jika kita ragu apakah berita hoax atau bukan, berkunjunglah ke situs aslinya. Terkadang Facebook memiliki settingan berita yang berbeda. Sebagai pegangan adalah artikel dari situs utama.

Demikian beberapa cara cerdas untuk terhindar dari berita hoax yang marak akhir-akhir ini, semoga bermanfaat. (korankito.com/berbagai sumber/***)