Bisa Dipercaya

Begini Menilai Tunjangan Prestasi Guru

WORKSHOP: Sebanyak 135 guru PNS SMKN 2 Palembang ikuti workshop pengisian SKP di aula sekolah tersebut, Rabu (25/1). Foto/Eja
Palembang – Besar kecilnya tunjangan prestasi guru dilandasi nilai sasaran kerja pegawai negeri sipil (SKP).
Kasi Sarana SMK Disdik Sumatera Selatan (Sumsel) Syamsurijal mengatakan, pada dasarnya bagi PNS, ada tiga item yang dibayarkan pemerintah berdasarkan kinerjanya yakni gaji pokok, tunjangan daerah dan tunjangan prestasi.
Ia mengungkapkan,  SKP ini untuk standar pemberian remunirasi atau tunjangan prestasi. Jadi kalau standar kerjanya rendah tunjangannya rendah. Akan tetapi, di Sumsel belum untuk tunjangan tersebut. “Maka dari itu kami akan mengusulkan tunjangan tersebut. Dan melalui workshop pengisian SKP ini diharapkan, nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pengisian SKP tersebut,” terangnya di hadapan ratusan peserta guru workshop.
Lanjunya, kalau SKP untuk guru yang menilainya adalah kepala sekolah (kasek). Sedangkan kasek yang menilainya adalah kepala bidang. “Penilaian utama untuk guru adalah rencana pembelajaran, kegiatan pembelajaran, evaluasi, analisis dan tindak lanjut. Serta ada juga penilaian lain seperti diklat, penataran dan seminar. Sedangkan untuk penilaian ini pada awal dan akhir tahun,” tambahnya.
Sementara itu, Plt Kepala SMKN 2 Palembang Zulkarnaen menjelaskan, workshop ini berlangsung selama dua hari mulai hari ini dan diikuti 135 guru PNS SMKN 2 Palembang.
“Rata-rata guru di SMKN 2 nilainya 90 an, dan akan terus kita pertahankan bahkan kita perjuangkan. Kedepan, kami akan menggandeng pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam pengisian SKP,” pungkasnya. (korankito.com/Eja)