48 Kampus Ikuti Conference Science di Palembang

CONFERENCE SCIENCE: Rektor Unitas Palembang Joko Siswanto memberi keterangan terkait International Conference On Social, Humanities and Goverment Science (ICSHGS) 2017 dalam konferensi pers di Palembang, Rabu (25/1). Foto/Eja

Palembang – Sebanyak 72 paper dari 42 perguruan tinggi (PT) Indonesia dan enam PT luar negeri ikuti International Conference On Social, Humanities and Goverment Science (ICSHGS) 2017 yang digelar Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, hari ini hingga 27 Januari 2017.

Ketua Pelaksana ICSHGS Maulana mengatakan, acara itu juga diikuti 70 orang peserta Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (Adipsi).

Ia menjelaskan, peserta akan dibagi dalam empat sesi kelas, dimana tiap paper akan dipresentasikan oleh penulisnya dalam waktu 15 menit. Paper mempunyai dua tematik yang dominan, yakni di bidang pemerintahan (kebijakan sosial, lingkungan, politik, pemerintahan, dan demokrasi) dan kemanusiaan. “Total pesertanya sekitar 170 an orang dari 42 PT dalam negeri dan enam PT luar negeri dan 72 paper. Dan untuk skala internasional, event di atas 50 paper terbilang sukses,” jelasnya dalam konferensi pers di auditorium Unitas Palembang, Rabu (25/01).

Menurutnya, tujuan utama dari ICSHGS tersebut antara lain memfasilitasi para akademisi dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian mereka. Kemudian untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan hasil konferensi dalam bentuk prosiding ilmiah, serta memfasilitasi pertemuan internal pengurus dan anggota Adipsi. Selain itu juga event ini berguna untuk mensosialisasikan kesiapan Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 kepada seluruh peserta kegiatan. “Ya meski kita tidak terlibat langsung di Asian Games 2018 nanti dalam bidang keilmuan, setidaknya kami bisa membantu dari segi sosial dan humanities dalam menyebarkan kesiapan kia untuk menjadi tuan rumah Asian Games,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unitas Palembang Joko Siswanto menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan kegiatan itu sejak sepuluh bulan yang lalu. Sehingga pihaknya yakin event ini akan terlaksana dengan sukses, meski terdapat beberapa kendala yang memanng wajar ditemui dalam setiap kegiatan. “Ini baru pertama kali yang kami laksanakan, dan saya rasa ini juga kegiatan internasional pertama yang dilakukan PT swasta di Palembang,” pungkasnya.

Sedangkan enam PT luar negeri yang ikut serta yakni University Of Malaya (Malaysia), Sharda University (India), Ho Chi Minh University (Vietnam), University Tandojam (Pakistan), Zhejiang University (China) dan North-Eastern Hill University (Shillong, India). (korankito.com/eja)