Parkir Sembarangan, Belasan Mobil Dinas Pemkot Palembang Digembosi

Petugas Dishub Palembang menggembosi mobil dinas Pemkot Palembang yang parkir sembarangan, Senin (23/1). Foto/Ria

Palembang – Di saat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang sibuk menertibkan parkir liar yang diduga ada 200 titi, ternyata parkir perkantoran Pemkot Palembang di kawasan Jalan Merdeka belum juga tertib.

Meskipun sudah disosialisasikan dan diberi peringatan agar tidak memarkirkan kendaraan pada kawasan yang dilarang. Tapi, kesadaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih sangat kurang.

Hal itu terbukti dari penertiban yang dilakukan oleh Dishub Palembang, Senin (23/1). Pada sekitar Jalan Merdeka, Jalan Sekanak dan Jalan Rumah Bari, sedikitnya ada 15 mobil dinas PNS yang di gembok dan di gembosi oleh petugas dalam penertiban tersebut.

Hal ini sangat disayangkan lantaran saat ini pemkot Palembang melalui Dishub Kota Palembang sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan untuk parkir di tempat yang sudah disediakan, harus tercoreng oleh ulah PNS yang tetap tidak mengindahkan peraturan.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Palembang Marta Edison mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan perilaku PNS yang diberikan fasilitas mobil dinas, tapi tidak taat aturan.

“Tentu kami sangat menyangkan karena beberapa titik jalan yang menjadi tempat parkir liar tersebut, sering terjadi kemacetan. Sudah sejak lama kami sosialisasikan untuk tidak parkir ditempat terlarang itu,” ungkapnya.

Untuk memberikan efek jera bagi PNS yang menggunakan mobil dinas yang suka parkir sembarangan. Pihaknya akan laporkan keatasannya masing-masing untuk diberi peringatan dan diberikan pembinaan.

“Setiap hari akan kami tindaklanjuti. Ini prilaku buruk abdi negara. Semua kendaraan yang berhasil dijaring langsung digembok dan digembosi, ini sudah menjadi aturan dilarang parkir sembarangan,” katanya.

Menyikapi hal itu, salah seorang PNS yang enggan disebutkan namanya mengatakan, ia mendukung yang dilakukan oleh Dishub Palembang. Tapi, agar lebih adil bagi pemilik kendaraan pribadi maupun dinas, disediakan kantong parkir yang memadai.

“Saat ini, lokasi parkir sedikit. Jangan hanya melakukan penertiban tapi tidak ada solusinya. Kami minta disediakan kantong-kantong parkir yang lebih banyak,” tukasnya. (korankito.com/ria)