Tiga Tahun Menunggu, Upah Pasukan Kuning Naik Rp10 Ribu

Walikota Palembang Harnojoyo dan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat foto bersama dengan petugas kebersihan Palembang. Foto/Ria

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) akan mulai memberlakukan kenaikan upah untuk seluruh pasukan kuning, supir dan penyapu jalan. Dimana, per Januari 2017, seluruh Pasukan Kuning, supir dan penyapu jalan ini, diberikan kenaikan upah Rp10.000 per hari oleh dinas tersebut.

“Per Januari 2017 seluruh petugas kebersihan dilapangan, mendapat kenaikan gaji Rp10.000 per hari. Hal ini kami lakukan sesuai keinginan Walikota dan Wakil Walikota Palembang,” jelas Kepala Dinas LHK Kota Palembang Faizal AR disela-sela kegiatan gotong royong di jalan Cempako, Kelurahan Sukodadi, Kecamatan Sukarami Palembang, Minggu (22/1)

Faizal menerangkan, usulan kenaikan upah pasukan kuning tersebut, sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu, dimana saat Palembang meraih Adipura Kencana. Kenaikan upah Pekerja Harian Lepas (PHL) lapangan yang khusus melakukan kegiatan kebersihan Kota Palembang tersebut, dirasa memang sudah seharusnya terjadi kenaikan.

“Kita akan lakukan lounching perdana pada hari Kamis mendatang, yang akan dilakukan bersama Walikota dan Wakil Walikota,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo membenarkan adanya kenaikan upah dari seluruh pasukan kuning di Kota Palembang.

Dimana, hal itu mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, karena selama kurun waktu tiga tahun, gaji dari seluruh pasukan kuning belum pernah dinaikkan lagi.

“Sesuai usulan, upah pasukan kuning naik jadi Rp47.500 dari sebelumnya Rp37.500 atau naik Rp10.000 per hari,” jelasnya.

Para petugas kebersihan ini merupakan ujung tombak kebersihan Kota Palembang. Dimana, kenaikan juga harus dilakukan seiring dengan adanya penambahan jam kerja mereka karena itu kenaikan upah teraebut sudah sewajarnya diberikan.

“Mudah-mudahan ini dapat memberikan semangat seluruh petugas kebersihan tersebut,” tukasnya. (korankito.com/ria)