Bisa Dipercaya

Inilah 10 Bidang Peluang Kerja yang Dicari Tahun Ini

Ilustrasi. Foto/SH

Palembang – Mencari kerja terus menjadi problem bagi sebagian besar orang terutama para lulusan perguruan tinggi. Sebuat studi yang dilakukan National Association of Colleges and Employers (NACE), dilansir dari Forbes, ada tujuh jurusan yang lulusannya banyak dicari di tahun ini.

  1. Jurusan Keuangan

Prospek kerja di bidang keuangan memang lagi berada di puncaknya pada 2017. Bahkan NACE mencatat ada 60,4% lulusan finance yang dicari dalam perusahaan-perusahaan. Tidak heran kalau jurusan keuangan menjadi jurusan yang paling dicari.

  1. Jurusan Akuntansi

Nah, mungkin anda bingung sebenarnya apa beda jurusan keuangan dengan akuntansi. Keduanya berada pada bidang yang sama, yaitu ekonomi. Kalau jurusan akuntansi mengurus laporan keuangan setiap harinya, sedangkan jurusan keuangan atau finance bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluarkan keuangan dalam sebuah perusahaan. Lulusan akuntansi dicari paling tidak ada 59,7 persen.

  1. Jurusan Administrasi Bisnis

Kecerdasan sosial dan keterampilan bisnis bisa menjadi satu paket yang lengkap ketika kita memilih jurusan administrasi bisnis. Tidak perlu takut karena jurusan ini juga banyak dicari.

  1. Jurusan Teknik Mesin

Fakultas teknik punya banyak jurusan, salah satunya adalah teknik mesin. Setidaknya ada 48.6% lulusan teknik mesin yang dicari.

  1. Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah jurusan yang juga banyak dicari tahun ini. Jurusan ini bisa dibilang gabungan dari jurusan ilmu komputer, ekonomi manajemen dan bisnis. Fokusnya tetap pada program komputer yang ditujukan untuk bisnis perusahaan. Salah satu studinya yaitu sistem informasi manajemen juga jadi penunjang jurusan ini.

  1. Jurusan Manajemen

Menurut NACE, sebanyak 38,9% lulusan jurusan manajemen banyak dicari. Alasannya jurusan manajemen mempunyai prospek kerja yang luas, sebab mempelajari proses efektivitas dan efesiensi yang berlaku dalam bidang ekonomi. Seperti, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen organisasi, dan manajemen sumber daya manusia.

  1. Jurusan Bioteknologi

Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang harus sesuai standarnya. Jurusan bioteknologi akan mempelajari hal tersebut lebih dalam, makanya lulusan ini juga dicari tahun ini.

  1. Jurusan Psikologi

Dilansir dari Value Colleges, pekerjaan human resources development atau HRD menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. HRD adalah salah satu prospek kerja dari jurusan psikologi, sehingga bisa dikatakan bahwa jurusan ini masih banyak peminatnya. Selain menjadi HRD, ada banyak lingkup kerja lainnya untuk lulusan psikologi.

  1. Jurusan Komunikasi

Jurusan komunikasi juga salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS), jurusan komunikasi masuk menjadi salah satu jurusan yang diminati tahun lalu dan paling mudah dalam mencari pekerjaan.

  1. Jurusan Hukum

Jurusan hukum punya banyak bidang seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis, dan hukum internasional. Banyaknya bidang hukum yang bisa ditelaah bikin jurusan ini masih menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Prospek kerjanya juga banyak dan pasti dibutuhkan oleh perusahaan. (korankito.com/hasyim/berbagai sumber)