2019, 194 PT Terakreditasi A

Dirjen Kemenristekdiktik Patdono Suwignjo

Palembang – Pada tahun 2019, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  menargetkan sedikitnya 194 perguruan tinggi (PT) di Indonesia terakreditasi A.
Dari data yang berhasil dihimpun oleh Koran Kito, saat ini sudah ada 50 PT yang terakreditasi A dan sampai pengujung 2017 Kemenristekdikti menargetkan ada 59 PT  baik negeri dan swasta yang mendapat predikat PT amat baik tersebut.

“Kami menargetkan pada penghujung 2019 nanti sedikitnya ada 194 PT negeri dan swasta yang terakreditasi A. Kami mendorong setiap PTN dan koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) di seluruh wilayah Indonesia untuk memfasilitasi PT untuk melakukan reakreditasi,” ungkap Direktur Jendral Kelembagaan Ilmu Teknologi dan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti Patdono Suwignjo seusai acara Rapat Koordinasi (rakor) Koordinator dan Sekretaris Pelayanan Kopertis Se-Indonesia di Hotel Aryaduta, Jumat (20/01) malam.

Menuurnya, dari 14 Kopertis yang ada di Indonesia, target ini hanya diberlakukan pada Kopertis Wilayah 1-13 saja. “Untuk Kopertis Wilayah 14 tidak dibebani dengan target penyiapkan satu PTS agar memiliki akreditas A karena baru dibentuk. Sedangkan Kopertis yang sudah punya PTS akreditasi A harus dipertahankan dan bahkan harus ditambah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kopertis Wilayah II Slamet Widodo menambahkan, sampai saat ini di wilayah Kopertis Wilayah II untuk PTS yang terakreditasi A dan B masih minim. “Kira-kira 60% PTS yang ada di Kopertis Wilayah II masih terakreditasi C. Akan kita dorong dan evaluasi setiap PTS untuk meningkatkan akreditasinya. Bahkan bukan hanya PTS yang kita dorong dan dibina agar memiliki akreditasi A tetapi juga pada hingga level program studi. Pada 2017 ini ada 10 PTS yang akan kita siapkan dan dorong agar berstatus A untuk memenuhi target dari Kemenristekdikti,” pungkasnya.korankito.com/ ejak