Hasil Seleksi Pelatih SONS Belum Bisa Diumumkan

SELEKSI PELATIH : Seorang calon pelatih sedang memaparkan program yang akan ia tawarkan jika menjadi pelatih di SONS Sumsel, Jumat (20/1). Foto/ril

Palembang – Kuota pelatih yang dibutuhkan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Sumatera Selatan (Sumsel) program 2017 belum bisa dipastikan, meskipun tes seleksi penerimaan yang diikuti 39 calon pelatih berakhir Jumat (20/1), sehingga hasil tes seleksi belum bisa diumumkan.

“Belum sekarang. Masih akan kita rapatkan dengan Dispora, KONI Sumsel dan pihak SONS sendiri. Tapi kita telah mendapatkan data-data calon itu semua, tinggal diseleksi lagi,” ujar Sekretaris Tim Panitia Seleksi Iyakrus, Jumat (20/1).

Ia menjelaskan, keseluruhan peserta tes memiliki kepribadian yang baik. Hanya saja, beberapa pelatih belum memiliki program yang mumpuni untuk diterapkan kepada atlet yang berada di kategori pelajar. “Kita sudah melihat seluruhnya. Sudah ada yang bagus, ada juga yang belum. Memang kalau pelatih tergantung cabang olahraganya juga, tapi disini kita juga ingin menyamakan persepsi program latihan,” paparnya.

Menurut Iyakrus, pelatih SONS ditetapkan berdasarkan dua kriteria yakni, memiliki pengetahuan (knowledge) yang mumpuni dan berkepribadian baik. Hal ini menjadi indikator arsitek cabang olahraga sekolah khusus olahraga tersebut.

Lanjutnya, pelatih SONS sendiri memiliki kapasitas yang lebih dalam perhatian porsi latihan. Sebab, di kategori umur pelajar menengah ke bawah ini, harus diperhatikan betul kualitas latihan yang ditawarkan oleh pelatihnya. “Apalagi mereka sedang masa-masa tumbuhnya. Kebutuhan gizi dan menu latihan juga sedikit dibawah atlet senior,” katanya. (korankito.com/resha)