Cegah Narkoba Melalui Media Sosial

Palembang – Duta anti narkoba Sumatera Selatan (Sumsel) Lury Elza Alex, mengajak siswa manfaatkan media social sebagai salah satu upaya untuk menghindari narkoba.

Menurut Lury, salah satu upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam mensosialisasikan dan menghindari narkoba, dapat diisi dengan kegiatan positif dan memanfaatkan media sosial yang saat ini sangat digandrungi pemuda, salah satunya instagram.

“Penggunaan sosial media yang positif salah satu wujud untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Sekarang ini Instagram adalah salah satu media sosial yang setiap saat di update oleh pelajar. Nah, dengan bermain instagram ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengalahkan penyalahgunaan narkoba,” ungkap Lury kepada siswa SMAN 1 Palembang, saat sosialisasi bahaya narkoba, Kamis (19/1).

Selain itu, dengan memanfaatkan instagram, para pelajar juga akan banyak mendapatkan keuntungan. “Pelajar juga bisa cari duit sendiri dengan memanfaatkan instagram dengan berjualan secara online ataupun menjadi reseller. Tapi tetap belajar harus jadi prioritas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkoba Nasional (BNN) Provinsi Sumsel Kusmaneti mengatakan, saat ini tercatat di Indonesia ada sebanyak 40-50 orang setiap hari yang meninggal dunia akibat dari pemakaian narkoba.

“Narkoba adalah musuh kita bersama. Jadi, manfaatkan betul kegiatan sehari-hari dengan kegiatan positif untuk meminimalisir dampak dari penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya. (korankito.com/eja)