Puluhan Guru SMK Se-Sumsel Ikuti Pelatihan Java Fundamental

Para guru SMK se-Sumsel yang mengikuti pelatihan Java Fundamental, Senin (16/1).foto/ejak

 

 

Palembang-Sedikitnya 30 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti pelatihan Java Fundamental. Pelatihan ini diadakan oleh SMKN 2 Palembang bekerja sama dengan Oracle Academy dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru sebagai tenaga pendidik.

Salah seorang pemateri dari Oracle Academy Erik Pratama menjelaskan, sasaran pelatihan guru bidang studi informatika, terutama bidang rekayasa perangkat lunak (RPL), teknologi komputer jaringan (TKJ), dan multimedia di SMK wilayah Sumsel.

Menurutnya, dari hasil pelatihan ini diharapkan guru bisa mengaplikasikan ilmunya kepada guru di sekolah mereka masing-masing sebelum diimplementasikan kepada siswanya.

“Pelatihan ini bisa diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari dari kelas X-XII. Materi yang ditekankan dalam pelatihan adalah bagaimana menyusun program pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak monoton,” ungkapnya di sela pelatihan di SMKN 2 Palembang, Senin (16/01).

Pejabat sementara Kepala SMKN 2 Palembang Zulkarnain menambahkan, kegiatan  pelatihan Java Fundamental Implementasi ini diikuti oleh 30 guru bidang studi dari perwakilan SMK se-Sumsel dengan tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka maupun jarak jauh.

“Mereka mempelajari sistem e-learning yang pembelajarannya bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Kecuali untuk uji kompetensi (UK) karena dilaksanakan secara online,” tukasnya.

Ditambahkan Zulkarnain, sistem pembelajaran yang lebih baik menjadi tujuan utama dilakukan pelatihan tersebut. Pasalnya, saat ini guru dituntut harus mengerti IT agar bisa memberikan pembelajaran yang baik kepada siswa. Korankito.com/ejak