Warga Setempat Diutamakan Jadi Pedagang Pasar Talang Kelapa

 

Wawako Finda saat meninjau Pasar Talang Kelapa yang belum juga beroperasi.foto/ria

Palembang – Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda atau Finda meminta PD Pasar Palembang Jaya segera mengoperasionalkan Pasar Talang Kelapa Palembang. Pasalnya sejak selesai dibangun tahun 2015, pasar tersebut nyaris belum ditempati oleh para pedagang.
“Sebelum bulan Ramadhan, kalau bisa sudah dioperasionalkan. Untuk penyerahan dari Kementerian Perdagangan sudah selesai. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak segera diopersionalkan,” jelasnya usai memantau kondisi Pasar Talang Kelapa, Jumat (13/1).
Ia menjelaskan, melihat kondisi pasar yang sudah bagus sangat disayangkan jika dibiarkan terlalu lama kosong. “Sayang sekali jika tidak segera diopersionalkan, karena dapat memyebabkan pasar rusak karena tidak ada perawatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Edwin Efendi menyampaikan, pihaknya akan segera mengopersionalkan Pasar Talang Kelapa. Saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap masyarakat yang akan berdagang. “Kita akan seleksi pedagang yang akan berdagang. Dan syarat utama adalah, masyarakat yang tinggal di area sekitar,” ujarnya.

Edwin menerangkan, pembangunan Pasar Takang Kelapa ini, merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI), melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2015 sebesar Rp4 miliar.

“Setelah pedagangnya terpenuhi, maka akan langsung kita opersionalkan. Saat ini sudah ada 25 calon pedagang yang mendaftar, masih ada puluhan lapak dan kios yang kosong,” pungkasnya.(korankito.com/ria)