Bisa Dipercaya

Fakultas Kedokteran UIN Raden Fatah Tunggu Persetujuan Menristekdikti

Rektor UIN Raden Fatah Sirozi

Palembang – Rencana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) Palembang membuka Fakultas Kedokteran, tinggal menunggu  persetujuan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Berita Sejenis
1 daripada 8

Hal ini diungkapkan oleh Rektor UIN RF Palembang Sirozi. Menurutnya, pihaknya sudah mengirimkan proposal untuk mendirikan Fakultas Kedokteran sejak November 2016. “Kita sudah mengirimkan proposal ke kementerian dan saat in sedang dikroscek oleh mereka. Biasanya, paling cepat enam bulan setelah pengiriman proposal, pihak kementerian melakukan visitasi untuk mengecek kesiapan materi membuka fakultas tersebut,” ujar Sirozi di ruang kerjanya, Jumat (13/01).

Diakuinya, saat ini pihaknya sudah mempunyai 18 dosen tetap untuk mengajar di Fakultas Kedokteran. Pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan rumah sakit tipe B, yakni Rumah Sakit Siti Khadijah sebagai tempat praktik mahasiswa.

“Untuk sementara, jika diizikan maka kegiatan belajarnya akan menggunakan dua gedung baru yang sedang dibangun. Dan, jika kampus yang di Jakabaring sudah selesai, maka akan dipindahkan ke sana,” terangnya.

Selain itu, sebelumnya pihaknya juga baru saja resmi melantik Dekan dan membuka Fakultas Psikologi pada 11 Januari 2017. Saat ini ada sembilan fakultas di UIN RF Palembang, yaitu Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum), Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Psikologi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), dan Fakultas Science dan teknologi (Scientek).

“Bersamaan dengan itu kita juga melantik tiga orang pejabat, yaitu Dekan Psikologi, Wakil Dekan 3 Fisip, Wakil Dekan 3 Scientek. Meski fakultas baru dibuka tahun ini, namun program kerjanya sudah kita susun sejak setahun lalu mengingat kita juga sudah mempunyai program studi Psikologi Islam,” pungkasnya.korankito.com/Eja