Bisa Dipercaya

UNBK, Disdik Sumsel Tunggu Komputer dari Pusat

UNBK : Sejumlah siswa sekolah menengah atas mengikuti UNBK, beberapa waktu lalu. Foto/SS Update

Palembang – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) hingga saat ini masih menunggu bantuan pengadaan komputer untuk UNBK 2017 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Dari data yang berhasil dihimpun oleh Koran Kito, jumlah sekolah yang siap melaksanakan UNBK tingkat SMA/SMK di Sumsel ada 176 sekolah, sedangkan untuk tingkat SMP ada 66 sekolah.

Berita Sejenis
1 daripada 4

Menurut Kepala Disdik Sumsel Widodo, anggaran pendidikan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumsel naik hampir 200 persen, namun sayangnya untuk pengadaan komputer guna keperluan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tidak ada. “Alokasi khusus pengadaan komputernya tidak ada, jadi menunggu bantuan dari pusat,” akunya kepada media, Kamis (12/01).

Dikatakannya, sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK secara mandiri bisa menumpang di sekolah lain dalam radius 5 kilometer untuk pelaksanaannya. “Kita sudah kerjasama dengan Disdik kabupaten/kota untuk meminjam SMP yang sudah siap UNBK. Dan juga sebaliknya, jika nanti siswa SMP mau ujian juga bisa menggunakan komputer di SMA/SMK tersebut,” tukasnya.

Diakuinya, saat ini pihaknya sedang memetakan sekolah mana dan berapa unit kompter yang akan diajukan. Jika sudah terdata, maka paling lambat sebulan sebelum pelaksanaan maka sudah terpasang semua jaringan komputerisasi untuk UNBK. “Syarat pengajuannya ada tiga, yakni sekolah tersebut harus ada listrik, lalu jaraknya dari sekolah lain yang mampu menjalankan UNBK terlampau jauh atau letak geografisnya yang tidak memungkinkan. Dan yang lebih penting, disana tidak punya komputer. Ya, kalau masalah jaringan internet bisa diusahaan,” pungkasnya. (korankito.com/eja)