Bisa Dipercaya

Para Pendekar Silat Sumsel Dambakan Padepokan

SILAT : Salah satu kejuaraan pencak silat di Palembang, beberapa waktu lalau. Foto/Resha

 

Palembang – Para pendekar silat Sumatera Selatan (Sumsel) mendambakan sebuah padepokan untuk berlatih.

Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumsel Akib mengatakan, padepokan penting untuk pesilat menimba ilmu dari gurunya. Selain itu, aktivitas yang berkaitan dengan silat bisa tersentralisasi di sana. ‘’Apalagi saat ini animo masyarakat untuk belajar pencak silat semakin tinggi,’’ ujarnya, Kamis (12/1).

Berita Sejenis
1 daripada 2

Ia mengaku, saat ini tengah membangun padepokan sendiri untuk perguruan Himpunan Seni Silat Generasi Pembaruan (HIMSSI GP) yang berlokasi dipinggiran Kota Palembang.

“Kalau sudah selesai maka Insya Allah akan ada kompetisi di padepokan kami. Meskipun khusus untuk internal, tapi perguruan lain yang ingin berlatih di sana ya silahkan. Tapi itu padepokan intern kami, bukan IPSI menyeluruh,” ucap Akib.

Sementara itu, Ketua Umum IPSI Sumsel Ishak Mekki berencana akan membangun padepokan pencak silat seperti yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Hal ini dianggapnya perlu sebagai sentra tempat latihan bagi para pendekar silat, sekaligus wadah silaturahmi bagi pesilat antar perguruan. “Kita mengharapkan padepokan itu dapat terbangun. Sehingga bagaimana kedepan nanti kita bisa menampung dari kabupaten dan kota lain. Kalau pak Gubernur bantu, padepokannya di jakabaring,” kata Mekki yang juga Wakil Gubernur Sumsel ini.

Jika sudah berdiri, ia menyarankan untuk memperbanyak lagi kompetisi berbau silat. “Khususnya pencak silat, akan kita adakan sirkuit pencak silat,” tukasnya. (korankito.com/resha)