Alex Noerdin Digadang lagi Pimpin Kontingen SEA Games atau ISG

Palembang – Nama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menjadi salah satu  kandidat kuat untuk pimpinan rombongan kontingen Indonesia CDM (Chief De’ Mission,-red), pada multi event SEA Games dan Islamic Solidarity Games (ISG) mendatang.
Juru Bicara Komite Olimpiade Indonesia KOI Hellen Sarita de Lima mengatakan, nama Alex Noerdin menjadi salah satu yang dicalonkan menjadi CDM SEA Games maupun Islamic Solidarity Games (ISG). “ Untuk dua multi event itu KOI akan menetapkan CDM berbeda. Nah untuk Pak Alex belum diputuskan apakah untuk SEA Games atau ISG . Yang jelas masih menunggu keputusan rapat di internal KOI ,” ujar Hellen  jubir KOI yang juga sebagai Komisi Sport And Law KOI, kemarin.
Jika nama Alex Noerdin ditetapkan sebagai CDM Sea Games ke-29 Kuala lumpur, maka berarti untuk kedua kalinya orang nomor satu di Sumsel itu mengemban tugas sebagai CDM Sea Games. Sebelumnya Alex Noerdin pernah menjadi CDM pada perhelatan multi event dua tahunan itu di Viantinne, Laos Tahun 2009. Ketika itu Alex Noerdin bertindak selaku CDM. Sedangkan Muddai Madang yang kini menjadi Wakil Ketua KOI , kala itu bertindak selaku Sekretaris Kontingen.
Selain Alex, ungkap Hellen Sarita de Lima, KOI juga tengah menseleksi sejumlah nama yang akan dinominasikan menjadi CDM. “ Sudah ada nama yang kita jaring tetapi belum bisa  kita sebutkan ,” ujar Hellen.
Tentang  Keikutsertaan jumlah cabang dan atlet Indonesia pada multi event dua tahunan SEA Games, merupakan wewenang Kemenpora dan Satlak Prima.
“Kami juga akan berkoordinasi secara intens dengan Satlak Prima dan Kemenpora.” imbuhnya.
Penyelenggaraan multi event Sea Games ke-29 Kuala Lumur akan berlangsung mulai 19 hingga 31 Agustus Sementara ISG ke-IV berlangsung di Baku , Azerbaijan 12-22 Mei 2017.
Pada Penyelenggaraan ISG III di Palembang Sumsel 2013. Indonesia selaku tuan rumah keluar sebagai pengumpul medali terbanyak 36 emas 34 perak dan 34 perunggu. Pada Penyelenggaraan ISG 2013 tersebut mempertandingkan 13 cabang olahraga. (korankito.com/resha)