Bisa Dipercaya

Parit Menuju Sungai Bendung Penuh Pasir dan Sampah

PENUH SAMPAH : Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa (depan paling kiri) didamping sejumlah petugas kebersihan turun menelusuri parit menuju Sungai Bendung di Lorong Sawah Besar Kelurahan D-1, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Ahad (8/1). Foto/Ria

 

Palembang – Sejumlah parit yang mengarah ke Sungai Bendung, Kecamatan Ilir Timur (IT) I penuh pasir dan sampah.

Hal itu kedapatan setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustofa turun menelusuri parit menuju Sungai Bendung di Lorong Sawah Besar Kelurahan D-1, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Ahad (8/1).

Berita Sejenis

Dari Tepian Musi Kunto Pukul Drum 145 Jam

Puluhan Prajurit Ceburkan Diri ke Musi

Palembang Kebagian 39 Bus dari Kemenhub

1 daripada 11

“Pasir dan sampah saja sudah 1,5 meter menutupi saluran air itu,” kata Harobin.

Parahnya lagi, kata Harobin, bangunan warga menutupi saluran air sehingga arus air pada saat hujan menjadi tersendat saat. “Jadi kalau banjir jangan menyalahkan pemerintah, tapi salah warga yang mendirikan bangunan di atas saluran air yang akhirnya jadi langganan banjir kalau hujan,” ujarnya.

Akibatnya, untuk pembersihan menggunakan alat beratpun terhalang lantaran hampir sepanjang saluran air tertutup bangunan yang kokoh. “Bagaimana kita mau menurunkan alat berat, kalau kita saja masuk tidak bisa, terpaksa pembersihan mengunakan cara lama dengan cara manual,” katanya.

Meski begitu, katanya, sosialisasi dan pendekatan secara persuasif akan tetap dilakukan melalui perangkat kelurahan dan kecamatan untuk melakukan pendekatan. “Nanti lurah dan camat yang akan melakukan pendekatan secara persuasif. Kita maunya bangunan milik warga yang menutupi saluran pembuangan air itu dibongkar,” tukasnya. (korankito.com/ria)