Bisa Dipercaya

Sirozi: Segera Petakan Distribusi Guru

Ketua Dewan Pendidikan Sumsel Sirozi. Foto/Eja

 

Palembang – Distribusi guru ke sekolah yang ada di Kota Palembang tidak merata sehingga terjadi tumpang tindih serta penumpukan di sejumlah sekolah tertentu khususnya di bagian tengah kota.

Ketua Dewan pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel) Sirozi mengimbau agar segera dilakukan pemetaan distribusi guru, karena di pinggiran dan kawasan perairan Kota Palembang masih kekurangan guru. “Kalau mau mudah dan simpel, seharusnya Dinas Pendidikan (Disdik) mengumpulkan saja tiap kepala sekolah di wilayahnya sembari membawa data jumlah guru, rombongan belajar dan jumlah siswanya. Lalu didata satu persatu, mana ada yang kelebihan guru dan kekurangan. Kan lebih cepat kalau begitu,” terang Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah itu, Jum’at (6/01).

Berita Sejenis
1 daripada 7

Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, saat ini pihaknya masih memetakan jumlah guru di lingkungan Kota Palembang. Bahkan, saat in pihaknya mengimbau kepada seluruh sekolah di Palembang untuk tidak menerima guru honor baru. “Kita data dulu, dimana kelebihan dan kekurangan guru. Kalau sudah dimutasikan dari tempat yang kelebihan guru dan masih ada kekurangan, maka sekolah baru diperbolehkan merekrut guru honor tambahan,” tutur Zulinto.

Sementara itu, Kepala Disdik Sumsel Widodo menambahkan, pasca peralihan ini pemetaan masih berlanjut, karena masih ada guru honor yang mengajar di dua sekolah yang berbeda tingkatan. “Kita masih memfokuskan pada administrasi lainnya, namun tetap kita melakukan pemetaan. Setelah semua datanya lengkap, maka akan segera kami redistribusikan guru agar tidak terjadi penumpukkan di beberapa sekolah saja,” pungkas Widodo. (korankito.com/eja)