Mahasiswa Universitas Islam Harus Modern

 

KULIAH UMUM: Komisaris Bank Mega Nasaruddin Umar (kedua dari kanan) sampaikan kuliah umum bertema Academic Recharging di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Kamis (5/1)

Palembang – Mahasiswa universitas Islam saat ini harus modern dan kekinian dalam mengikuti perkembangan zaman.

Seperti yang diungkapkan oleh Komisaris Bank Mega Nasaruddin Umar dalam kuliah umumnya yang bertema Academic Recharging di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang serta penandatanganan MoU Bank Mega Syariah bersama UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (5/01). Menurutnya, diera digitalisasi saat ini perguruan tinggi yang konsisten dengan konsep Islam tetap bisa eksis dengan caranya tersendiri. Bahkan saat ini, beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia sudah bersiap untuk menjadi world class university.

Ia mengatakan, mahasiswa universitas Islam harus bisa mengubah paradigm masyarakat yang menganggap mahasiswa universitas Islam itu hanya berfokus kepada religi saja, tidak terhadap perkembangan zaman dan teknologi. “Mahasiswa harus selalu meng-upgrade ilmunya untuk tetap bisa eksis dan kekinian agar bisa bersaing dengan kemajuan zaman, terutama di bidang IT,” ungkapnya kepada awak media seusai memberikan kuliah umum di gedung rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (5/01).

Dikatakannya, selain mempelajari teori, mahasiswa juga harus mempraktikkan ilmunya tersebut di masyarakat, tampil pengetahuan yang kekinian yang berbasis islami. “Kalau hanya teori tanpa praktik dan implementasinya, itu sama saja dengan pincang. Jadi semuanya harus seimbang, dengan efek yang positif,” terang Imam Besar Masjid Istiqlal itu.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi menambahkan, saat ini UIN Raden Fatah Palembang terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya (SDM) baik dari kalangan dosen dan mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan sains. “Kami (UIN Raden Fatah Palembang) sendiri juga terus kami gencarkan pembelajaran perkembangan teknologi dengan konsep yang modern. Dengan harapan, mahasiswa dan alumni yang beriman, berakhlak mulia dan melek teknologi,” tambah Sirozi.

Selain itu, Direktur Utama Bank Mega Syariah Emmy Haryanti mengatakan, kehadiran pihaknya ke UIN Raden Fatah Palembang ini dalam program mendukung pertumbuhan perbankan syariah di Sumsel. “Ini kerjasama perdana di awal 2017, semoga nantinya dapat memberikan kontribusi positif di lingkungan civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang,” pungkasnya. (korankito.com/eja)