107 Pejabat Eselon IV Palembang Non Job

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Palembang Ratu Dewa. Foto/Ria

Palembang – Sebanyak 107 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dipastikan tidak ada jabatan atau non job, setelah 1.211 pejabat eselon IV dilantik Wali Kota Palembang Harnojoyo, tiga hari lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Palembang Ratu Dewa mengungkapkan, pasca pelantikan 1.211 pejabat eselon IV yang dilakukan beberapa waktu lalu dipastikan ada sekitar 107 pejabat Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang nonjob. “Sekarang ini ada sekitar 107 pejabat Eselon IV yang nonjob. Mereka ini nanti akan menunggu dibentuknya UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah-red), dengan adanya UPTD ini nanti yang non job sekarang bisa diberikan posisi kembali,” terangnya, Kamis (5/1).

Dewa menjelaskan, saat ini UPTD sendiri tengah dalam proses pembentukan. Namun, pihaknya juga belum bisa memastikan kapan UPTD tersebut selesai dibentuk. “UPTD sudah kita bentuk, sekarang sudah sampai di gubernur. Pembentukan ini kan harus dapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri, jadi kita tunggu saja,” katanya.

Menurut Dewa, pihaknya akan berupaya untuk meminimalisirkan jumlah pegawai yang nonjob.  Pembentukan UPTD itu sendiri tidak diperuntukan untuk seluruh instansi, tapi hanya beberapa instansi saja diantaranya, Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pengelolaan Pajak Daerah. “Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) juga sekarang ini kan dirampingkan, semula ada empat sekarang tinggal tiga. Pejabat yang non job ini nanti bakal kita jadikan sebagai pengganti pejabat yang sudah tidak produktif lagi, misalnya yang menjelang pensiun akan digantikan dengan pejabat muda yang memang sudah memiliki jabatan yang lebih tinggi dari yang sebelumnya. Berdasarkan keputusan Kemendagri ada total sekitar 272 pejabat yang akan dimasukkan dalam UPTD ini nanti,” tukasnya. (korankito.com/ria)