Biaya Pembuatan SIM tidak Ada Perubahan

 

Kanit Regident Sat Lantas Polresta Palembang Iptu Ricky Mozam. Foto/Denny

 

Palembang- Pemohon pembuatan surat izin mengemudi (SIM) tak perlu risau. Pasalnya, biaya penerbitan SIM tidak mengalami kenaikan seperti penerbitan STNK dan BPKB.

Kanit Regident Sat Lantas Polresta Palembang Iptu Ricky Mozam ketika dimintai konfirmasi membenarkan hal itu. “Tidak ada perubahan, semua golongan tetap biaya yang sama seperti kemarin-kemarin. Setau saya yang naik itu, hanya pembuatan BPKB dan STNK motor,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/1) pagi.

Ia juga menjelaskan, pembuatan SIM di Polresta Palembang sudah dapat dilakukan secara online. Hanya saja, saat ini masih banyak warga yang belum memanfaatkan aplikasi tersebut. “Sudah bisa dilakukan secara online, hanya saja masyarakat masih kurang memanfaatkanya. Mereka lebih senang membuat langsung ke sini, padalah jika membuat online dapat memangkas waktu pengisian formulir,” tambahnya.

Berdasarkan perubahan Peraturan Pemerintah (PP) No 50 Tahun 2010 menjadi PP No 60 Tahun 2016, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Polri mengalami perubahan biaya. Seperti penerbitan STNK roda dua yang semulanya seharga Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan roda empat, dari harga Rp 75 ribu menjadi Rp 200 ribu. Sementara, penerbitan BPKB kendaraan roda dua juga mengalami kenaikan menjadi Rp 225 ribu dari Rp 80 ribu dan kendaraan roda empat menjadi Rp 375 ribu dari harga Rp 100 ribu. (korankito.com/denny)