Sumsel Akan Gelar Tes Event 11 Venue Olahraga

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Achmad Yusuf Wibowo. Foto Resha

Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memasuki level empat dalam persiapan Asian Games, yakni masuk dalam tahap tes event sebelas venue cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Bumi Sriwijaya.

Itu artinya, menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Achmad Yusuf Wibowo, Sumsel akan kebanjiran event pada tahun ini. Sejumlah kejuaraan baik setingkat nasional maupun internasional akan dihelat, guna mengujicoba venue sepak bola, kano/kayak, bola voli, dayung, menembak, triatlon, bola basket, sepak takraw, olahraga panjat tebing, tenis, dan soft-tenis.

Yusuf mengaku, tahun ini tantangan cukup berat, sebab selain tes event Sumsel juga harus segera membenahi apa saja yang belum selesai dari sebelas venue yang digunakan untuk pertandingan Asian Games 2018. “Pada 2017 ini kita akan masuk level empat dalam tuan rumah Asian games. Sehingga kita juga  akan menyelesaikan venue dan lain-lain,” ujarnya, Selasa (3/1).

Ia menyebutkan, dalam tes event nanti, akan dihelat kejuaraan setingkat Asian. Seperti, penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Triathlon dan Beach Volley Ball. “Kita akan menghadapi tes event 11 cabor dengan sebaik-baiknya. Tes eventnya setingkat kejuaraan Asian di 2017 nanti,” katanya.

Selain itu, Palembang juga ditunjuk sebagai tuan rumah coordination committe (Corcom) keenam pada 6 Maret 2017 mendatang. Dalam pertemuan tersebut akan hadir seluruh jajaran panitia untuk membahas persiapan multi event yang bakal diikuti oleh 45 negara tersebut. Sehingga memasuki tahun ini, Pemprov Sumsel bakalan sibuk dalam rangkaian agenda persiapan.  “Dalam pelaksanaan Corcom ke enam pada 6 Maret 2017, Palembang akan menjadi tuan rumah. Sisanya akan kita konsultasikan dengan INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committe),” tukasnya. (korankito.com/resha)