Pemkot Diminta Tata Keindahan Kota

Gedung DPRD Kota Palembang. Foto/ist

 

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang diminta untuk lebih fokus menata keindahan kota dalam program pembangunan 2017, karena tahun depan sudah masuk agenda pelaksanaan Asian Games.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Darmawan menegaskan, mengingat Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, tentu akan menjadi sorotan utama. “Ini sesuai instruksi Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam persiapan sebagai tuan rumah Palembang harus terang benderang, akhir 2017 harus sudah siap, DPRD akan mengawal hal ini,” ujar Darmawan.

Disarankan pula, setiap toko di sepanjang jalan protokol terutama di jalur LRT dicat baru dengan warna cerah. Dengan begitu, Palembang akan semakin berwarna. Dikatakannya, pihak dewan jelas mendukung penuh upaya Palembang sebagai tuan rumah ajang olahraga internasional tersebut. “Pemkot Palembang harus segera tertibkan toko-toko itu, bisa di-deadline mulai dari sekarang dengan begitu akhir 2017 bisa terwujud,”jelasnya.

Darmawan menambahkan, DPRD Kota Palembang berharap, Pemkot Palembang dapat merampungkan pembagian infrastruktur. Karenanya diimbau semua paket kegiatan diselesaikan dengan tepat waktu. Jika sudah selesai, maka target penerangan kota bisa dikejar. “Saya yakin, toko-toko di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman mau mengecat sendiri bangunan tokonya. Asalkan mereka diundang dan dikirimkan surat edaran resmi,” imbuhnya.

Terkait program pembangunan yang harus dirampungkan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembag Syafri Nungcik menyebutkan, perkembangan kawasan seberang ulu (SU) dan seberang ilir (SI) diakui masih tak seimbang. Kendati demikian, hal itu terus diatasi menyongsong perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang. “Di SU, kita fokus pengembangan infrastruktur supaya pembangunan dan investor mulai berdatangan,” katanya. (korankito.com/ria)