Para Pelajar Masih Meliburkan Diri

 

LIBURKAN DIRI: Seorang guru tengah mengajar di depan kelas, kendati siswa yang hadir kurang dari separuh kelas, Senin (2/1). Foto/Eja

Palembang – Separuh dari 700 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 30 Palembang masih meliburkan diri, padahal jadwal belajar sekolah telah ditetapkan pada, Senin (2/1).

Menurut salah seorang guru kelas VI Rohana, dari 35 siswa dikelasnya yang hadir hanya 15 orang saja. Ia menduga,  hal itu terjadi karena kebanyakan orangtua dari siswanya adalah aparatur sipil negara (ASN) dimana masih menjalani cuti bersama, jadi mereka ikut-ikutan orangtuanya, “Padahal sudah diumumkan untuk masuk 2 Januari 2017 pada saat bagi rapot tanggal 19 Desember 2016 lalu. Karena banyak orangtua mereka PNS, jadi mereka pun ikut meliburkan diri. Bahkan, siswa yang orangtuanya bukan PNS juga ada yang masih belum masuk karena temannya tersebut belum masuk sekolah juga. Tapi sekolah memahami, dan baru besok (3/01) kegiatan belajar dan mengajar benar-benar diaktifkan,” ujarnya, Senin (2/1).

Seharusnya, tambah Rohana, Senin (2/1) ini kegiatan belajar mengajar (KBM) sesuai jadwal, tetapi karena siswa yang hadir sedikit maka ditetapkan KBM setengah hari. ‘’Untuk kelas siang tetap masuk seperti biasa, namun dilihat dulu situasi dan kondisinya, jika tidak banyak yang masuk maka akan KBM-nya juga akan berlangsung setengah hari juga,” tegas guru SDN yang masih menerapkan sekolah doubble shift dengan jumlah 700 siswa dan 14 rombongan belajar (rombel), dimana untuk kelas pagi ada 350 an siswa dan sisanya kelas siang. (korankito.com/Eja)