Peserta Kejurda Forki Piala Gubernur Membludak

KEJURDA FORKI: Peserta kejurda FORKI VI Sumsel, putri kelas Katak usia dini memperebutkan piala Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di GOR Dempo, Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (30/12).
Foto/Resha

 

Palembang – Sebanyak 1050 karateka berpartisipasi dalam Kejuaraan Daerah Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) VI Sumatera Selatan (Sumsel) memperebutkan piala Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di GOR Dempo, Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (30/12).

Peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Sumsel, kecuali Kabupaten Muratara ini, bertarung dalam 45 kelas. Kelas tersebut terbagi dari pemula hingga senior, kategori Kata (Peragaan jurus,-red) dan Kumite (Tarung,-red).

Menurut Sekretaris Umum FORKI Sumsel Aliyudin Asral, peserta tahun ini membludak dari tahun sebelumnya. “Estimasi kita hanya 600-700 peserta, tapi tahun ini sampai 1.050 peserta. Tahun kemarin saja, hanya sampai 680 peserta,” ujarnya Jum’at (30/12).

Ia mengaku terkejut dengan antusias peserta tahun ini. Walaupun, panitia kewalahan menghadapi peserta yang mayoritasnya masih di bawah umur. “Ada kemungkinan akan kita perpanjang, dari dua hari hingga empat hari,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel Achmad Yusuf Wibowo yang membuka acara mengatakan, hal ini baik sebagai bagian dari pembinaan. Pengalaman para karateka akan lebih terasah jika mengikuti kompetisi terus menerus. “Ketika berlatih, mereka akan mendapat teori. Dan teori tersebut akan dibetulkan dalam kompetisi. Kita harap kompetisi seperti ini akan terus menerus ada, dan Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung penuh kompetisi seperti ini,” tukasnya. (korankito.com/resha)