Polda Sumsel Sita 1.367 Senpi Ilegal


Palembang-Selama tahun 2016, Polda Sumsel berhasil menyita 1.367 pucuk senjata api rakitan dari masyarakat Sumsel. Barang bukti ini umumnya disita dari daerah Kabupaten Musi Rawas lantaran banyak pengrajin besi yang sering membuat senjata api. Rata-rata senpi ini merupakan serahan dari warga, 915 laras panjang, 306 laras pendek, dan 146 pucuk hasil ungkap kasus sepuluh tersangka, serta empat ribuamunisi.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto mengungkapkan, penyitaan ribuan senpi rakitan ini diharapkan dapat mengurangi angka kejahatan dengan menggunakan senjata api. Sebab, kejahatan dengan menggunakan senpi banyak menyebabkan korban mengalami luka bahkan tewas akibat senpi ilegal tersebut.

“Ribuan senpi ini berhasil kita amankan, dan kita juga berterima kasih kepada warga yang secara sukarela menyerahkan senpi ilegal milik mereka. Dan ini adalah pemahaman yang patut diapresiasi oleh pihak kepolisian terhadap masyarakat,” ungkap Agung, Jumat (30/12).

Dia menambahkan, pengungkapan senpi rakitan terus dilakukan seiring semakin maraknya kejahatan bersenpi. Bagi warga yang enggan menyerahkan akan ditindak seusai perundang-undangan. “Tidak ada pandang bulu, siapapun yang menyimpan pasti ditindak. Untuk senpi yang telah disita dalam waktu dekat akan dimusnahkan,” tegas Kapolda.(korankito.com/kardo).