Bisa Dipercaya

Unsri Resmi Jadi Kampus Akreditasi A

KAMPUS A : Rektor Unsri Anis Saggaff gelar konperensi pers terkait naiknya kampus terbaik di Sumsel itu menjadi akreditasi A, Kamis (29/12). Foto/Eja

 

Palembang – Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang resmi menyandang sebagai kampus akreditasi A setelah melalui penilaian sejak Januari 2016.
Menurut Rektor Unsri Anis Saggaff, penilaian reakreditasi ini dimulai sejak Januari 2016, lalu Agustus memasukkan berkas dan November baru diverifikasi.
Anis juga mengungkapkan, dari 48 perguruan tinggi (PT) yang reakreditasi A, 27 diantaranya PTN dimana 17 PTN yang memang sudah akreditasi A dan tambahannya ada 10 PTN dari akreditasi B ke A. “Dari ratusan PTN, cuma sebagian itu saja yang dapat A dan Unsri saat diumumkan oleh pihak kementerian berada pada urutan ke-28. Urutan ini bukan peringkat, namun hanya pendataan saja,” jelas Anis dalam konferensi pers di gedung KPA Unsri, Kamis (29/12).
Dikatakannya, pada 2013 lalu Unsri juga pernah mengusulkan reakreditasinya dan mendapatkan akreditasi ‘B’ dan nyaris dapat ‘A’. “Kemarin yang menjadi kendala hanya publikasi riset dan jurnal saja. Namun sekarang sudah dicukuoi,” tambahnya.
Ia menjelaskan, sebenarnya masa akreditasi B sampai 2019, namun karena yang kurang hanya sedikit maka kami hubungi pihak BAN-PT untuk melakukan reakreditasi di tahun 2016.
Hak senada dikatakan Wakil Rektor 1 Unsri Zainuddin Nawawi, dari 152 PTN yang diperkirakan dapat menjadi A, hanya 52 PTN yang lolos mengikuti bimtek dari Kemenristekdikti. “Dari 52 PTN yang mengikuti bimtek, hanya 21 PTN yang meraih akreditasi A dan termasuk Unsri dengan 38 orang tim akreditasi Unsri yang bekerja keras dalam mewujudkannya,” pungkasnya. (korankito.com/Eja)