Insentif Ketua RT dan RW Bakal Naik

INSENTIF RT: Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda memberikan insentif kepada ketua RT dan RW di Kecamatan Bukit Kecil, kemarin. Foti/ ria

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menaikkan uang insentif para ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) secepatnya.
Menurut Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda (Finda), langkah itu merupakan bentyk apresiasi untuk meningkatkan kinerja para RT dan RW .
“Dengan adanya dana insentif ini, wujud kinerja kita dalam melayani masyarakat semakin baik dan meningkat. Demi mewujudkan misi Palembang EMAS,” ujar Finda saat penyerahan insentif ketua RT dan RW triwulan IV tahun ini di Kecamatan Bukit Kecil, kemarin
Dalam acara itu, Finda menyerahkan secara simbolis dana insentif sebesar Rp 200 ribu kepada perwakilan RT maupun RW. “Kalau dilihat dari jumlahnya tidak seberapa. Tapi ini merupakan suatu rasa hormat dan terima kasih kami terhadap perjuangan bapak ibu sekalian,” jelasnya.
Dengan adanya penambahan intensif tersebut, berharap ketua RT/RW juga bisa melakukan pengawasan pungutan liar yang dilakukan pihak Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat kecamatan dan kelurahan. Hal itulah yang membuat Pemkot Palembang, begitu konsen terhadap kinerja yang akan dilaksanakan RT dan RW dalam melaksanakan peranannya terhadap pelayanan kepada masyarakat. “Jadi, RT/RW memiliki tanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan, termasuk pengawasan terhadap praktik pungli di kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil),” katanya.
Selain itu tambahnya, untuk lebih mengakomodir pelayanan kepada masyarakat, Finda juga memberikan kemudahan kepada para ketua RT dan RW yang memiliki permasalahan dalam lingkungan kerjanya yang tidak bisa terselesaikan baik ditingkat kelurahan dan kecamatan.
“Silahkan untuk menemui saya dikantor untuk meminta jalan keluar jika memiliki masalah yang cukup rumit dan tidak bisa diselesaikan baik di kelurahan maupun di kecamatan,” tukasnya. (korankito.com/ria)