Tarif SKCK Naik 200 Persen

TARIC SKCK: Seorang warga tengah mengajukan permohonan pembuatan SKCK di Polresta Palembang, Rabu (28/12). Tarif penerbitan SKCK naik 200 persen atau dari Rp10 ribu menjadi Rp30 ribu. Foto/ Denny.

Palembang – Tarif penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Palembang naik 200 persen atau dari Rp10 ribu menjadi Rp30 ribu per lembar, mulai berlaku pada 6 Januari 2017.
Kebijakan tarif anyar tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintahan (PP) No 60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Polri menggantikan PP yang sama No50 Tahun 2010.
“Mudah-mudahan masyarakat bisa memahaminya. Sekarang masih Rp 10 ribu, nanti akan mulai berlaku sejak tanggal 6 Januari mendatang,” ucap Kepala Urusan (Kaur) SKCK Polresta Palembang Aiptu Ahmad Rizal saat dikonfirmasi, Rabu (28/12).
Menurutnya,  selain kenaikan tarif pembuatan SKCK, petugas SKCK Brigadir Pol Imam Teguh Apriyanto menambahkan, pihaknya juga akan menerapkan penerbitan SKCK melalui sistem online terbaru yang langsung digagas oleh Mabes Polri.
Melalui sistem online itu, nantinya pemohon bisa melakukan registrasi melalui website Polri dan sesi foto dilakukan di tempat penerbitan SKCK. “Itu juga akan direslisasikan Januari 2017. Besok  akan dilakukan pelatihan kepada semua operator SKCK online di tinggkat Polres se-Sumsel, yang akan digelar di Mapolda Sumsel,” katanya.(korankito.com/denny)