Sumsel Terima Mobil Bantuan Dari KPPPA RI 

SERAH MOBIL – Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat menyerahkan mobil MOLIN kepada sejumlah kepala dareah kabupaten/kota di Sumsel.

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menerima hibah dari pemerintah pusat. Hibah kali ini berupa 5 unit mobil perlindungan perempuan dan anak (MOLIN) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Kelima unit mobil MOLIN itu akan diperuntukkan kepada provinsi dan sejumlah kabupaten/kota di Sumsel. Mobil bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin di halaman kantor Gubernur Sumsel, Rabu (28/12).

Alex Noerdin mengungkapkan, hampir 8 juta penduduk Sumsel 49,18% itu wanita. Kasus yang terjadi tahun ini di Sumsel untuk anak perempuan 286 kasus, terhadap perempuan dewasa 186 kasus.

Menanggapi hal itu, dikatakan Alex, perlu adanya perhatian dari semua pihak untuk mengurangi tindak kekerasan terhadap wanita dan anak. Mensosialisasikan dengan mobil perlindungan perempuan dan anak merupakan salah satu bentuk pengendalianya.

“Walaupun kecil mobilnya, tapi besar fungsionalnya untuk semua wanita dan anak di Sumsel,” Ucapnya
Lanjut Alex, kalau ada yang melihat bahkan merasakan tindak kekerasan segera laporkan. Tak hanya itu orang nomor satu di Sumsel ini menghimbau untuk menggunakan mobil ini sesuai kegunaanya.

Mobil tersebut bentuk merupakan kepedulian pemerintah pusat untuk masyarakat Sumsel , diharapkan dengan adanya mobil bantuan ini dapat mempercepat proses pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Rawat sebaik mungkin, gunakan sesuai peruntukan, dan jangan dipakai kondangan,” beber Alex disambut tepuk tangan meriah dan ketawa hadirin.

Pada kesempatan ini Gubernur Sumsel didampingi Bupati Empat Lawang Plt. H. Syahril Hanafia, Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar SE, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Selatan Hj Susnah Sudarti SE MM.

Adapun Susnah Sudarti menguraikan mobil perlindungan perempuan dan anak diberikan dalam rangka memudahkan penjangkuan bagi masyarakat yang menerima kekerasan, serta pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pada tahun ini mobil bantuan diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel sebanyak 5 unit antara lain, untuk Provinsi Sumsel, Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang,  Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Palembang. (korankito.com/rel)