Bisa Dipercaya

Libur Akhir Tahun, Taman Burung Diserbu Pengunjung

TAMAN BURUNG : Sebagian masyarakat menggunakan hari libur akhir tahun mengunjungi sejumlah tempat rekreasi seperti bird park di Jakabaring, Senin (26/11). Foto/Ria
Palembang – Sebagian masyarakat memanfaatkan libur panjang akhir tahun ini berekreasi ke sejumlah tempat di Kota Palembang.
Pantauan korankito.com, Senin (26/12) siang, area rekreasi Ogan Permata Indah (OPI) mal, OPI Water Fun dan taman burung (bird park) ramai dikunjungi warga yang membawa keluarga terutama anak-anak.
Di bird park, misalnya, puluhan anak-anak tampak menikmati sejumlah arena permainan serta melihat aneka jenis burung.
Salah satu pengunjung Andika (12) mengaku sudah dua kali mengunjungi taman burung. Sembari asik memberi makan burung, Dika mengaku selalu mengisi liburan sekolah dengan mengunjungi tempat rekreasi yang ada.  “Kalau liburan sebelumnya ke Taman Wisata Punti Kayu. Liburan kali ini inginnya kesini,” katanya.
Senada disampaikan Renata (30) yang datang bersama anak dan keluarga yang lain mengaku baru kali pertama mengunjungi taman burung ini. Biasanya ia menghabiskan waktu liburan dengan rekreasi keluar kota. “Untuk liburan kali ini kita hanya rekreasi di dalam kota saja,” ulasnya.
Sementara itu karyawan taman burung (Bird Park) Retno mengatakan, sejak dibuka satu tahun lalu, hampir setiap hari taman burung ini ramai pengunjung. Terutama dihari-hari libur seperti hari minggu dan libur nasional.
Ia menjelaskan jika dihari-hari biasa pengunjung hanya kisaran 100-200 orang. Namun dihari libur terutama libur nasional pengunjung akan meningkat hingga 600-800 orang perhari, apalagi saat ini sedang libur sekolah. “Untuk jam operasional, kita buka dari pukul 08.00 sampai 18.00,” ungkapnya.
Ada banyak jenis burung dengan puluhan spesies seperti jalak suren, jalak kebo, burung cililin, poksay, merak , ayam mutiara, cicak hijau, jalak hitam yang bisa dilihat pengunjung, bahkan selain duduk-duduk bisa juga berfoto sembari memberi makan para satwa ini.
Dengan luas area hampir satu hektare, taman burung ini memang didesain untuk area rekreasi bagi pengunjung yang menyukai dan bermain bersama burung. Jika biasanya burung-burung diletakan dalam penangkaran, namun di taman burung ini, ribuan burung dibiarkan terbang bebas. “Kami memang sengaja menyiapkan taman burung ini menyerupai habitat aslinya,” ungkapnya.
Retno menjelaskan di Bird Park ini dilengkapi dengan pohon-pohon yang sengaja ditanam agar burung-burung yang ada bisa bertengger disana. Selain beraneka jenis burung jelasnya juga ada binatang lainnya seperti kuda, monyet, ular, kura-kura, iguana dan gajah. “Pengunjung bisa menaiki kuda dan gajah sambil berselfie ria,” katanya.
Retno menambahkan, pengunjung yang ingin menikmati suasana seperti alam bebas ini cukup membayar Rp50 ribu sudah bisa rekreasi ditemani kicauan burung dan aneka satwa lainnya. “Saat ini lokasi farmnya masih proses pembangunan dan persiapan. Kalau sudah benar-benar rampung, koleksi hewannya akan lebih lengkap,” tukasnya. (korankito.com/ria)