Bisa Dipercaya

Kualitas Wasit, Juri, dan Pelatih Jadi Perhatian

 

Pelatihan wasit, juri dan pelatih IPSI Kota Palembang di Hotel OPI Indah, Sabtu (24/12). Foto/Resha

 

Palembang-Selain atlet, kualitas wasit, juri dan pelatih tak kalah penting. Dalam sebuah pertandingan, wasit, juri dan pelatih bisa menjadi penentu sebuah prestasi itu murni atau tidak.

Berita Sejenis
1 daripada 149

Hal ini ditegaskan Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Akib. “Mereka harus menguasai pertandingan karena mereka selalu ada peraturan yang sifatnya diperbarui. Itu juga untuk meningkatkan prestasi atlet,” ucapnya di sela-sela pelatihan wasit, juri dan pelatih IPSI Kota Palembang, Sabtu (24/12).

Menurut Akib, saat ini perbandingan pelatih dan perguruan sudah mendekati ideal. Namun hal ini harus diimbangi dengan kualitas, yakni melalui sertifikat dan pengalaman yang mumpuni.

“Melalui hal semacam inilah kita bisa mengupayakan peningkatan kualitas pelatih, juri maupun wasit kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palembang Wiratama Yuda, mengatakan, saat ini jumlah pelatih yang ada di kota Palembang cukup untuk melayani para pesilat yang ingin berlatih. Tinggal dididik lagi untuk pembekalan mereka, agar bisa mengembangkan apa yang sudah mereka latih.

“Saat ini ada 49 orang yang mengikuti pelatihan, 21 orang ikut pelatihan pelatih sisanya juri dan wasit. Insya Allah dari mereka ini bisa melahirkan pesilat dan pelatih yang bagus,” pungkasnya. korankito.com/resha