Bisa Dipercaya

Sumsel Daerah Tersukses Bangun Infrastruktur

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin Hadir Dalam Acara Seminar Nasional Infrastruktur 2016 di Hotel Four Seasons Jakarta, Kamis (22/12).Foto/hms

Jakarta-Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjadi pembicara dalam seminar nasional infrastruktur 2016 di Hotel Four Seasons Jakarta, Kamis (22/12).

Turut menjadi pembicara Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Direktur Utama PII Sinthya Roesly, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sony Loho, Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemenristekdikti Hari Purwanto dan beberapa pembicara lainnya yang berasal dari kalangan pemerintah dan BUMN

Berita Sejenis

Dua Minggu, 71 Bandit 3C Diciduk Polisi

Tim Satgas Temukan Makanan Berformalin

Ungkap 3C, Lima Personel Polres Lubuklinggau Dapat…

1 daripada 3.092

Alex Noerdin dalam kesempatan itu menangkal anggapan bahwa proses pembangunan infrastruktur selalu berbelit-belit dan memakan waktu lama. Menurutnya, pembangunan infrastruktur tidak selalu menemukan hambatan tersebut, asalkan ada niat atau kemauan untuk membangun.

Hal itu pernah ia buktikan dengan membangun sarana dan prasarana di bidang olah raga, pendidikan dan kesehatan di Sumsel. Di bidang olah raga, pihaknya hampir menyelesaikan seluruh venue untuk Asian Games 2018. Pembangunan sarana olah raga Jakabaring, Palembang, itu bahkan sudah rampung 90 persen.

“Ini (fasilitas) olah raga berstandar internasional satu-satunya terintegrasi di tengah kota.  Luasnya 325 hektar dengan 18 venue yang sudah jadi. Dan, ini sudah membela Indonesia beberapa kali saat Seagames 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asian University Games 2014,” ungkap Alex

Pembangunan proyek tersebut merupakan buah keseriusan dari pihaknya untuk memberikan yang terbaik bagi negeri. Ini karena pihaknya tidak main-main dalam membangun Jakabaring. Sehingga kualitas pembangunan sarana olah raga pun menjadi yang terbaik.  “Kolam renang kami terbaik di asia,” ujarnya.
Belum lagi, beberapa fasilitas olah raga lainnya. Sebut saja, proyek pembangunan atlet village yang terdiri dari 6 tower 23 lantai. Selain itu, yang terbaru adalah pembangunan sirkuit moto GP.

Di bidang kesehatan, Sumsel telah membangun kompleks kesehatan berstandar internasional. Selain itu, saat ini juga sedang dibangun rumah sakit umum daerah (RSUD) gratis untuk masyarakat. Rumah ini nantinya akan menjadi yang terbaik dan tercanggih di Indonesia. “Sudah 80 persen (pembangunannya, Red), fisiknya tinggal 20 persen, equipmennya peralatannya hampir Rp1 triliun,”

Pembangunan rumah sakit ini nantinya juga dengan tenaga medis terbaik. Di sebelah rumah sakit tersebut juga terdapat Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Di samping itu juga telah dibangun beberapa pembangunan infrastruktur lainnya seperti, pembangunan 3 ruas jalan tol, 2 jembatan musi, penambahan kapasitas bandara, air bersih dan listrik. “ Walapun kami surplus 525 megawatt. Listrik yang kami bantukan kepada Jambi, lampung, Bengkulu, tapi perlu tambahan lagi,”

Namun demikian, pembangunan infrastruktur ini tidak terlepas dari sokongan dana APBD dan APBN. Selain itu juga dari peran CSR. Meski demikian, Alex tetap berharap agar pembangunan infrastruktur tetap ditunjang oleh bantuan pemerintah. Termasuk PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).pungkas Alex.  (korankito.com/hms/***)