Bisa Dipercaya

Sulit Dapat TPS, Warga Buang Sampah di Anak Sungai

Sungai Tatang, anak Sungai Musi

Palembang – Tidak adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) membuat warga memilih membuang sampah di sungai atau di pinggiran sungai. Kalau pun ada, warga sulit menjangkau TPS karena jauh dari pemukiman sehingga membuang sampah di tempat yang terdekat dari rumah.

Berita Sejenis

Empat Begal ‘Cilik’ Dicokok Polisi

SMKN 2 Palembang Bidik World Class

Dzhalilov Targetkan Top Skor Bersama SFC

1 daripada 3.067

Setidaknya inilah yang terjadi di Lorong Surya, Kelurahan 35 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II), Palembang. Warga setempat banyak yang membuang sampah di sungai dan pinggir sungai.

Pantauan korankito.com , Jumat (23/12), tampak aliran anak Sungai Musi yakni Sungai Tatang dipenuhi dengan sisa-sisa sampah. Bahkan tumpukan sampah juga terlihat di samping sungai.

Salah satu warga Eka (35), mengatakan, di sekitaran pemukiman rumahnya memang tidak memiliki TPS untuk membuang sampah. Karenanya warga memanfaatkan lahan di sebelah Sungai Tatang sebagai TPS. Parahnya, sampah-sampah yang dibuang ikut terbawa masuk ke sungai saat musim pasang Sungai Musi.  “Dulu ada di dekat SD, tapi dibongkar mungkin karena berdekatan dengan sekolah,” ujarnya.

Sejak tidak ada TPS lagi, warga tidak mempunyai pilihan selain membuang sampah di anak sungai terdekat dari rumahnya.

Warga lainnya Basuki (37), mengatakan, minimnya fasilitas milik umum seperti TPS membuat warga membuang sampah sembarangan. Itu juga dikarenakan minimnya kesadaran warga sekitar dalam membuang sampah pada tempatnya.

Warga berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui instansi terkait lebih memperhatikan keberadaan TPS di pemukiman warga. “Kami di sini membutuhkan TPS yang dekat saat kami akan membuang sampah. Dan ada petugas yang mengangkutnya setiap hari,” pungkasnya.korankito.com/ria