Mahasiswa Dituntut Mampu Berwirausaha

Palembang – Di saat pembangunan yang semakin menggeliat dan perkembangan media sosial pesat menjadi tantangan para mahasiswa untuk bisa lebih mengembangkan potensi diri dengan berwirausaha atau enterpreneurship.

Hal ini diungkapkan Dosen Palcomtech Febrianti saat dalam Workshop Bisnis “Ayo Mulai Berani Berwirausaha”, Kamis (22/12).  Menurutnya ketertarikan mahasiswa masuk dunia enterpreneur saat ini sudah sangat bagus. Hal ini juga ditunjang dengan kesadaran perguruan tinggi yang sudah memasukkan kurikulum kewirausahaan dalam matakuliah. Palcomtech sendiri, pengenalan kewirausahaan sudah dikenalkan sejak awal perkuliahan.

“Enterprenuer ini sudah sangat dikenal saat ini. Bahkan sangat dianjurkan kepada mahasiswa sedini mungkin sebelum mereka menyelesaikan kuliah untuk bisa berwirausaha,” ungkapnya.

Sementara itu pemilik salah satu Rumah Songket Adis, Nyayu Nur Komariah mengatakan, kunci dari enterpreneur itu adalah keyakinan, tidak putus asa dan bisa berpikir kreatif.

Adis menjelaskan, para wirausahawan muda bisa memanfaatkan sosial media mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, path dan sosmed lainnya untuk menjual produk mereka. Selain menjual secara offline tentunya. Hal ini bisa menguatkan usaha konvensional dengan memanfaatkan sosial media.

“Alasannya membangun hubungan dengan pelanggan, memperkuat merek, produk dan segmen pasar baru, sehingga meningkatkan penjualan. Perilaku konsumen mempelajari produk, riset pembanding, berbagi info, dan lainnya harus memperoleh kemudahan dan kepuasan, sehingga keputusan konsumen untuk membeli sebagai hasil akhirnya,” ungkapnya.

Manda salah satu mahasiswa Universitas Sriwijaya menambahkan, kalangan mahasiswa sudah banyak yang memulai usaha memanfaatkan media sosial. Namun, terjadi gelombang pasang surut. “Kendalanya seketika produk yang diperjualkanbelikan mengalami penurunan membawa dampak pada keuangan dan semangat,” tanyanya.(korankito.com/ria)