Bisa Dipercaya

Gubernur Sumsel Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Wapres H Jusuf Kalla dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. -Foto/hms

PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan raih peringkat 5 Keterbukaan Informasi Publik Kategori Pemerintah Provinsi Tahun 2016. 10 Provinsi yang masuk sepuluh besar, Sumsel peroleh  nilai 87,34 dengan kualifikasi menuju informatif. Penghargaan berupa tropi tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Sumatera Selatan  H Alex Noerdin di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, Selasa (20/12).

Untuk tahun ini, Jawa Timur raih peringkat pertama kategori Pemerintah Provinsi, disusul Aceh, Kalimantan Timur, Banten, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, NTB dan Sumatera Barat.

Berita Sejenis

Dua Minggu, 71 Bandit 3C Diciduk Polisi

Tim Satgas Temukan Makanan Berformalin

Ungkap 3C, Lima Personel Polres Lubuklinggau Dapat…

1 daripada 3.092

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, keterbukaan informasi itu perlu agar rakyat mengetahui apa yang dilakukan pejabat pelayanan publik, sehingga tugas dan fungsi yang dilakukan oleh badan publik tersebut dapat berjalan dengan baik.”Jadi pejabat yang di sini telah dipilih oleh masyarakat tentu harus menyampaikan rasa tanggung jawabnya berupa informasi kepada masyarakat mengenai pelaksanaan dan evaluasi dari tugas-tugas yang diberikan kepada instansi pemerintah,” tegasnya

Dikatakan Jussuf Kalla, saat ini  pesatnya perkembangan teknologi informasi, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi mengenai badan publik melalui website. ”Oleh karena itu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memainkan peranan penting dalam mendiseminasikan informasi serta meningkatkan partisipasi publik,” urainya

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat RI John Fresly Hutahean menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan komitmen seluruh badan publik yang telah menerapkan Keterbukaan Informasi Publik. “Kita berharap setiap tahunnya mengalami perkembangan yang signifikan demi terwujudnya good government,” harapnya.

Pada pemeringkatan Badan Publik (BP) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2016 ini, seluruh penerima anugerah pemeringkatan akan menerima sertifikat dan plakat berdasarkan peringkat, mulai dari peringkat satu hingga sepuluh. Sedangkan peringkat pertama hingga ketiga memperoleh tropi.

Sejumlah kategori pemeringkatan yang diberikan anugerah keterbukaan BP, terdiri dari kategori BP Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi, Lembaga Non Struktural, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Perguruan Tinggi Negeri,  Partai Politik, dan  Badan Usaha Milik Negara. (Korankito.com/hms/***)