Plt Sekda Sumsel Pimpin Rapat Pleno TPAKD

Suasana Rakor TPKAD Sumsel di Hotel Aston Palembang. Foto/hms

 

PALEMBANG – Menindaklanjuti peresmian Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan keputusan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin nomor 205 / KPTS / IV / 2016 tanggal 22 Maret 2016, Plt Sekda Sumsel Drs H Joko Imam Sentosa MM memimpin langsung rapat pleno di Hotel Aston, Palembang, belum lama ini.

Plt Sekda Sumsel dampingi staf ahli ekonomi dan keuangan Dr Igb Surya Negara. Hadir juga Kepala Kantor Otoritas Keuangan Sumsel  Panca Hadi Suryatno, Kepala Bank Indonesia Sumsel yang diwakili Deputi Kepala Perwakilan Seto Pranoto dan SKPD – SKPD Sumsel.

TPKAD Sumsel saat ini telah memiliki lima program utama atau kelompok kerja (pokja). Lima pokja TPAKD tersebut yaitu pertama pokja layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka insklusi keuangan (LAKU PANDAI). Kedua tabungan simpanan pelajar (SimPel). Ketiga pokja roadshow atau sosialisasi. Keempat pokja pendampingan UMKM. Kelima pokja percepatam pembangunan dan revitalisasi pasar.

Kegiatan yang sudah dilakukan TPAKD pada semster II tahun 2016 yaitu sosialisasi TPAKD di 8 kabupaten / kota pada bulan Agustus 2016, rapat monitoring dan evaluasi program kerja pokja tabungan SimPel pada tanggal 9 November 2016, rapat evaluasi pokja roadshow sosialisasi bersama IJK ke komunitas pada 9 November 2016, rapat monitoring dan evaluasi program kerja pokja pendamping UMKM pada 10 November 2016, rapat monitoring dan evaluasi program kerja pokja revitalisasi pasar pada 11 November 2016, rapat monitoring dan evaluasi program kerja pokja Laku Pandai pada 11 November 2016, dan workshop UMKM pada 7 Desember 2016.

Ke depan TPAKD memiliki beberapa usulan kegiatan. Pertama, TPAKD diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena masyarakat menyambut positif adanya TPAKD, Kedua, evaluasi kelompol kerja TPAKD yang ada apakah perlu ditambah atau dikurangi. Ketiga pembuatan program kerja TPAKD Provinsi Sumsel akan dilakukan pada 2017, diawali dengan pembahasan masing – masing kelompok kerja, Keempat persiapan pembentukan TPAKD di seluruh kabupaten / kota di Provinsi Sumsel, dan terakhir perlu adanya partisipasi aktif dari masing – masing anggota TPAKD dalam menjalankan program kerja yang telah disusun.

“Saya harapkan Pemda bisa mengarahkan pokja dalam menjalankan programnya dan dalam menghadapi kendala yang dihadapinya,” ujar Panca. (korankito.com/hms/***)