Kepala Sekolah Dilarang Potong Dana Beasiswa

LOKAKARYA PENDIDIKAN: Kepala Disdik Lahat Sutoko memberikan sambutan dalam lokakarya pendidikan dalam rangka peringatan HUT ke-71 PGRI dan Hari Guru Nasional, Rabu (21/12)

 

Lahat – Setiap kepala sekolah di Kabupaten Lahat dilarang memotong atau memungut uang beasiswa untuk siswa.
“Pesan Bupati Lahat setiap kepala sekolah tidak boleh memotong uang beasiswa untuk pelajar. Kalau ada kebutuhan sekolah gunakan dana operasional sekolah yag ada,” tegas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat Sutoko dalam acara lokakarya pendidikan bertajuk Kita Bangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, di Lahat, Rabu (21/12).
Sutoko menjelaskan, pemberian beasiswa untuk pelajar di Bumi Seganti Setungguan terus meningkat yang pada tahun lalu menerima beasiswa mencapai 3.000 pelajar maka tahun ini meningkat menjadi 4.000 pelajar berprestasi. “Insya Allah tahun depan program beasiswa tersebut akan terus ditingkatkan sesuai anamat Bapak Bupati dalam rangka menuju Lahat Cerdas,” paparnya.
Selain soal beasiswa, Sutoko juga mengingatkan kepada 550 yang hadir dalam lokakarya tersebut agar tetap menjalankan tugas sebagai pendidik secara profesional dengan berpegang pada tiga pilar pendidikan. “Tiga pilar itu yakni peningkatan sumber daya manusia dalam ekosistem sekolah, pedagogi serta penguatan tata kelola pendidikan,” urainya.
Sementara itu, Anggota DPR RI Sri Meliyana menyampaikan, dalam meningkatkan mutu pendidikan terlebih dahulu kita harus memiliki kesadaran sebagai pendidik. “Setelah itu baru kita bangkit secara kolektif untuk meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya saat menjadi narasumber dalam lokakarya pendidikan tersebut. (korankito.com/hasyim)