Tatap Peparpenas, NPC Dibayangi Dana

Ketua NPC Sumsel Ryan Yohwari. Foto/Resha

Palembang – Masih belum jelasnya tentang anggaran yang akan diterima oleh National Paralympic Committe (NPC) Sumsel, membuat pengurus lembaga tersebut gelisah. Padahal, dalam waktu dekat akan dihelat Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas).

Namun menyambut kejuaraan yang dihelat di Solo, Mei mendatang ini, NPC Sumsel tetap akan mengirimkan kontingennya. Walaupun jumlah atlet yang akan turun belum bisa dipastikan saat ini, lembaga yang menaungi atlet difabel ini sudah memiliki stok untuk mengisi kejuaraan tersebut.

“Untuk saat ini ada lima orang. Kalau dana jelas, bisa sepuluh orang atau lebih,” ujar Ketua Umum NPC Sumsel Ryan Yohwari ketika dihubungi.

Sambungnya, ia dan para atletnya mengeluhkan tentang pemerintah yang belum memberikan kepastian kapan bonusnya akan turun. Sebab, bonus tersebut rencana akan dialokasikan untuk biaya keberangkatan kejuaraan di luar. Kompetisi sangat penting untuk pembinaan dan menumbuhkan atmosfir pertandingan, selain muara dari latihan atlet.

“Apalagi NPC saat ini mengalami masa transisi, dari di bawah KONI menuju langsung di bawah Dispora Sumsel. Jadi kita akan menerima dana hibah langsung, namun kejelasan dan angka yang akan kami terima belum jelas sekarang,” jelasnya.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan, bonus untuk para atlet telah diajukan. “Itu sudah kita ajukan ke komisi V, tinggal menunggu saja,” ucapnya singkat. (korankito.com/resha)