Bisa Dipercaya

Januari 2017, Cetak e-KTP Cukup di Kecamatan

REKAM – Petugas sedang melakukan perekaman data salah satu warga untuk pembuatan e-KTP. Foto/Wahyu

Palembang – Pemkot Palembang menargetkan, Januari 2017 mendatang, pencetakan e-KTP sudah bisa dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kota Palembang. Ini berkaitan dengan telah diterimanya izin dari Dirjen Kependudukan Kemendagri terhadap pelaksanaan pencetakan tersebut.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, Ali Subri menjelaskan, pihaknya berani mengajukan pencetakan e-KTP di kecamatan tersebut, agar pelayanan ke masyarakat bisa lebih cepat dan maksimal. Mengingat perekaman data saat ini sudah semakin berkurang.
“Pengajuan kita sudah disetujui oleh pusat. Tapi dengan catatan, harus tersedia cukup pendanaan, jaringan dan alat yang memadai, serta petugas atau sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dari Dukcapil. Kita targetkan Januari 2017 sudah bisa dilakukan di setiap kecamatan yang ada,” tukasnya.

Sementara itu, Komisi II DPR RI meminta program pencetakan kartu tanda penduduk elektronik alias e-KTP harus tuntas pada 2018 mendatang. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Al Muzamil Yusuf saat saat melakukan kunjungan kerja ke Palembang kemarin.

Berita Sejenis
1 daripada 3.105

Menurutnya proses pencetakan e-KTP harus segera tuntas pada 2018 mengingat pemilu 2019 sudah harus menggunakan e-KTP. “2018 paling lambat harus sudah selesai, karena tahun 2019, pemilu sudah harus pakai e-KTP,” kata Muzamil.

Diakuinya terdapat kendala pencetakan saat ini dengan kurangnya blangko e-KTP, namun hal itu sudah dicarikan solusinya dengan diperbolehkannya menggunakan surat keterangan dari dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil). “Kekurangan blangko pencetakan itu persoalan nasional, tapi kalau tidak ada itu, kan boleh menggunakan keterangan dari Dukcapil,” ucapnya.

Politisi PKS ini juga mengapresiasi kinerja Dukcapil Sumsel yang hingga kini sudah melakukan pencetakan hingga 85 persen. “Untuk pencetakan e-KTP (Sumsel) sudah mencapai 85 persen, sementara secara nasional pencetakan e-KTP ini mencapai target,” pungkasnya. (korankito.com/ria)