Ibu Berperan Mencetak Generasi Muda Untuk Pembangunan

Palembang – Peran seorang ibu sangat penting di dalam keluarga, bahkan didalam negara peran seorang wanita khususnya seorang ibu juga tidak kalah penting dalam pembangunan. Seorang ibu merupakan guru dan tauladan bagi anak-anaknya di rumah. Menjadikan seorang ibu penentu dalam keberhasilan anak-anaknya.

Hal itu diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo saat membuka acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 Kota Palembang Tahun 2016 Dengan Tema Kesetaraan Perempuan Dan Laki-Laki Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Bebas Dari Kekerasan, Perdagangan Orang dan Kesenjangan  Akses Ekonomi Terhadap Perempuan, Selasa (20/12).

“Anak-anak harus mampu memaknai perjuangan seorang ibu dalam membentuk keluarga yang utuh dan bahagia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keberhasilan seorang anak nantinya ditentukan dengan peran seorang ibu yang selalu mengajarkan tentang bagaimana seorang anak dalam memandang masa depan. Yang nantinya dapat membawa anak-anak tersebut menjadi anak-anak yang berguna dan bermanfaat untuk menjadi anak bangsa yang bisa membangun negara.

Bukan hanya itu saja, lanjut Harno, seorang perempuan disamping kodratnya sebagai ibu juga bisa menjadi wanita yang mampu bermitra dengan pria dalam pembangunan. Karena saat ini semakin  banyak wanita bukan hanya menjalankan kodrat sebagai ibu di rumah tangga tapi juga sebagai wanita pekerja.

“Perempuan juga bisa membantu kaum pria dalam menyukseskan Pembangunan. Banyak yang bisa dilakukan seorang perempuan yang identik dengan keindahan contohnya dengan memperhatikan taman-taman yang ada di Kota Palembang ini,” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Hari Ibu, Meiliana Ail mengatakan, anak-anak khususnya remaja saat ini harus bisa menghargai seorang ibu. Dimana perjuangan seorang ibu cukup berat dalam hal mendidik dan membentuk karakter seorang anak. “Mulai dari mengandung, melahirkan, dan membesarkan anak. Tugas ibu cukup berat,” katanya.

Karena itu sudah sepantasnya seorang ibu mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena tanpa peran seorang ibu yang baik, tidak akan ada generasi muda yang mampu membangun negara ini. Peran ibu tidak hanya mendidik anak dengan bekal ilmu dunia saja, namun ilmu agama pun tidak kalah penting.

“Pengenalan ilmu agama yang ditanamkan sedini mungkin diharapkan mampu membatasi anak-anak dalam hal pergaulan sehari-hari karena akan dapat menjaga perilaku anak dari perbuatan yang tidak benar dan bertentangan dengan hukum dan kaidah norma keagamaan,” tukasnya.  (korankito.com/ria)